Bahan yang Digunakan untuk Membuat Batik di Kain

Bahan yang Digunakan untuk Membuat Batik di Kain

Pastinya Anda telah mengetahui apabila batik menjadi salah satu warisan budaya dan tidak boleh tertinggal. Maka dari itu, sebagai seorang warga masyarakat Indonesia wajib mempelajari hal tersebut. Kemudian pastikan Anda paham akan bahan yang digunakan untuk membuat batik di kain.

Aneka Ragam Alat Beserta Bahan Wajib dalam Pembuatan Batik

Meskipun sebelumnya tidak pernah melakukan pembuatan batik, tapi pastinya ketika berada pada sekolah sudah mempelajari hal tersebut bukan. Maka dari itu, berikut ini merupakan bahan yang wajib ada untuk membuat batik pada kain:

Mempersiapkan Kain Mori

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menyiapkan kain mori, sebab menjadi tempat untuk proses penggambaran batik. Karena memang bahan tekstil dalam pembuatannya tidak boleh sembarangan.

Contohnya merupakan kain mori primissima, karena menjadi salah satu tekstil dengan kualitas paling tinggi. Meskipun punya daya serap cukup minim, dapat pula memakai tipe lain yaitu itu dengan nama prima meskipun agak sedikit kasar.

Siapkan Alat Canting

Canting mempunyai bentuk sangat beraneka ragam karena dari yang memiliki ujung satu bahkan sampai beberapa. Alat ini punya fungsi berbeda sesuai dengan pada bagian ujungnya.

Pertama berguna dalam pembuatan titik untuk sekali sentuhan. Kemudian ada juga alat yang berujung satu dengan manfaat sebagai pembuatan garis, lakukan dan lain sebagainya.

Alat Gawangan

Gawangan ini merupakan tempat untuk bisa menyampirkan kain mori. Punya fungsi sebagai penyangga bahan tekstil ketika proses membatik itu berlangsung. Alat itu biasanya akan terbuat dari kayu maupun bambu.

Tempat pembuatan batik sendiri pada umumnya akan punya gawangan kemudian terdapat beberapa motif hiasan pada bagian atasnya.

Menyiapkan Bahan Lilin

Lilin menjadi material paling penting dan jadi bahan yang digunakan untuk membuat batik di kain. Karena ini berguna agar mampu menahan warna tidak bisa masuk ke dalam serat kain. Malam memiliki fungsi si untuk menutupi bagian tertentu sehingga tak terkena pewarna.

Persiapan Larutan Pewarna

Selanjutnya adalah bahan pewarna yang mana pada tiap daerah akan berbeda. Dalam pembuatan batik biasanya ada dua jenis zat warna yaitu sintetis ataupun alami. Masing-masing punya kelebihan maupun kekurangannya tersendiri.

Itulah ringkasan singkat tentang daftar alat beserta bahan yang berguna untuk jasa konveksi lebih-lebih dalam membuat batik pada kain. Pastikan pula Anda menggambar dengan bagus agar hasilnya bisa baik dan juga maksimal.

 

Galeri untuk Bahan yang Digunakan untuk Membuat Batik di Kain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.