Karyawan Koperasi; Tugas dan Tanggung Jawab

Karyawan Koperasi

Karyawan koperasi atau lebih sering dikenal sebagai pengurus. Merupakan individu yang telah dipilih untuk menduduki masa jabatan kurang lebih selama 5 tahun. Ketentuan dalam pemilihan pun sudah ditetapkan oleh para anggota koperasi. Terlebih lagi, setiap orang memiliki tugasnya tersendiri.

Tugas dan Tanggung Jawab dari Karyawan Koperasi

Seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya. Setiap individu yang menjabat sebagai karyawan koperasi sudah pasti mempunyai tugasnya tersendiri. Berikut ini pemaparan mengenai tugas dan tanggung jawab setiap pengurus inti dari Human Capital Alfamart.

Ketua atau Kepala Koperasi

Posisi pertama atau tertinggi dijabat oleh ketua koperasi. Orang ini mempunyai peranan penting dalam berlangsungnya setiap aktivitas di koperasi tersebut. Disisi lain, juga memiliki beberapa tugas serta tanggung jawab yang harus dilakukan.

Tugas utamanya adalah mengendalikan kegiatan koperasi secara keseluruhan. Kedua, memimpin serta mengkoordinir jalannya aktifitas. Lalu yang ketiga, ialah menerima serta memeriksa setiap laporan yang diajukan oleh anggotanya, dan masih banyak lagi.

Sekretaris Koperasi

Posisi jabatan yang berikutnya diisi oleh seorang sekretaris. Tugas utama dari sekretaris ialah membantu sang ketua atau kepala koperasi dalam menjalankan pekerjaannya. Tidak hanya itu, Anda juga perlu memahami tugas serta tanggung jawab dari pekerjaan ini lebih spesifik.

Tugas yang pertama yaitu membantu anggota dalam aktifitas surat menyurat. Serta mengatur tata usaha dari koperasi. Kedua, yakni mencatat setiap perkembangan yang terjadi. Ketiga, sebagai perantara menyampaikan pesan kepada ketuanya. Bahkan, juga membuat pendataan.

Bendahara Koperasi

Posisi yang ketiga dijabat oleh seorang bendahara. Sama halnya dengan kedua jabatan yang sudah dijelaskan sebelumnya. Bendahara juga merupakan salah satu pengurus inti dari sebuah koperasi. Dimana mempunyai tanggung jawab dalam merencanakan biaya pengeluaran dan pemasukan.

Berikut pemaparan mengenai tugas dan tanggung jawab seorang bendahara. Pertama, bendahara bertugas untuk memelihara semua dana yang dimiliki oleh koperasi. Kedua, membukukan setiap transaksi pada supplier. Ketiga, melakukan pengisian saldo koperasi, dan sebagainya.

Karyawan koperasi memiliki peranan penting dalam menjalankan sebuah koperasi. Susunannya pun terdiri dari pengurus inti serta anggota. Selain itu, setiap individu yang menduduki sebuah jabatan tentu mempunyai tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

Galeri untuk Karyawan Koperasi; Tugas dan Tanggung Jawab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.