Cara Mengobati Mata Katarak dengan Daun Sirih

Cara Mengobati Mata Katarak dengan Daun Sirih

Cara mengobati mata katarak dengan daun sirih merupakan salah satu solusi pengobatan mata dengan cara tradisional yang banyak orang yakini cukup manjur. Apalagi daun sirih adalah salah satu bahan yang mudah kita dapatkan.

Katarak merupakan salah satu penyakit mata yang patut kita waspadai, karena bisa menyebabkan kebutaan pada penderita. Meskipun tidak mematikan namun seseorang yang semula normal kemudian mendadak kehilangan penglihatan, pasti akan sangat menderita.

Tata Cara Mengobati Mata Katarak Dengan Daun Sirih

Ketika menderita katarak, maka lensa bola mata akan mengalami kekeruhan yang membuat kemampuan untuk melihat berkurang, bahkan lama-lama bisa mengalami kebutaan. Proses degeneratif ini bisa terjadi karena penuaan atau perubahan jaringan lensa mata karena trauma.

Penyakit ini tidak serta merta menjadi parah, mulanya mata hanya akan terasa keruh dan berawan. Kemudian secara perlahan penglihatan mulai menurun dan semakin parah ketika tidak ditangani lebih lanjut dengan berobat ke dokter.

Selama ini penyakit katarak diketahui belum dapat diobati tanpa operasi. Satu-satunya jalan yang bisa ditempuh adalah dengan mengganti lensa mata yang keruh dengan yang jernih melalui proses operasi. Namun sayangnya biayanya cukup besar sehingga tidak semua orang dapat melakukannya.

Kabar baiknya, sebelum penyakit katarak menjadi semakin parah bisa kita cegah dengan pengobatan yang cukup mudah. Cara mengobati mata katarak dengan daun sirih menjadi solusi yang menggembirakan bagi banyak orang, terutama penderita katarak dengan kondisi keuangan pas-pasan.

Daun sirih yang banyak tumbuh hampir di semua wilayah Indonesia ini terkenal ampuh mengobati berbagai macam penyakit. Dan jenis yang khasiatnya lebih ampuh untuk mengobati katarak adalah jenis daun sirih merah.

Daun sirih merah tak hanya mampu mencegah katarak menjadi semakin parah, juga mencegahnya dari kebutaan karena katarak. Memang tidak banyak orang yang menanam sirih merah ini, namun kalau dicari pasti akan menemukan tumbuhan berkhasiat ini.

Sebelum mulai menggunakan daun sirih untuk mengobati katarak, maka bisa mempelajari dahulu dari dua cara di bawah ini. Sehingga bisa mendapatkan metode atau cara yang paling tepat dan sesuai dengan keinginan.

Cara Pertama Mengobati Mata Katarak Dengan Daun Sirih

Cara yang pertama ini tidaklah susah, mudah untuk siapapun ikuti, khususnya yang memiliki keinginan untuk sembuh. Tidak memerlukan alat-alat khusus, hanya perlu kesabaran dan ketelitian saja.

  • Siapkan daun sirih yang sudah Anda cuci bersih dengan air mengalir, kira-kira 10 sampai 20 lembar saja.
  • Rebus air di dalam panci kira-kira 400 ml atau setara dengan 4 gelas belimbing.
  • Masukkan semua daun sirih yang sudah Anda cuci bersih tadi setelah air di panci mendidih.
  • Diamkan beberapa saat sampai air rebusan daun sirih berwarna hijau.
  • Matikan api, kemudian tempatkan air tersebut ke dalam gelas.
  • Kemudian dekatkan mata ke atas gelas sampai uapnya mengenai bola mata.
  • Lakukan beberapa kali sampai mendapatkan hasil yang kita inginkan.
  • Namun cairan ini tidak dianjurkan untuk diminum hanya sebagai obat luar saja.

Cara Kedua Mengobati Mata Katarak Dengan Daun Sirih

Cara yang kedua ini juga sangat mudah, sama seperti cara yang pertama. Pengobatan ini hanyalah obat luar, tidak untuk dikonsumsi agar dapat mengobati dari dalam tubuh.

  • Siapkan kira-kira 20 daun sirih yang sudah Anda cuci bersih dengan air yang mengalir.
  • Kemudian daun yang sudah bersih tadi Anda tumbuk sampai lumat.
  • Setelah tumbukan merata, letakkan tumbukan tadi di bawah bola mata yang katarak.
  • Biarkan bau daun sirih yang Anda tumbuk tadi masuk ke dalam mata.
  • Jaga agar tidak masuk langsung ke dalam bola mata.
  • Ulangi cara tadi beberapa kali sampai mendapatkan hasil yang kita inginkan.

Dua cara mengobati mata katarak dengan daun sirih tadi dapat Anda coba sebelum melakukan operasi. Namun ketika sudah melakukan beberapa waktu dengan teratur dan belum mendapatkan hasil yang maksimal, cara yang terbaik tentu harus melakukan operasi sesuai dengan prosedur.

Galeri untuk Cara Mengobati Mata Katarak dengan Daun Sirih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.