Antivirus yang Bisa Mengembalikan File Hidden di Flashdisk

23 views

mengembalikan file hidden

Pernahkah mengalami tiba-tiba data di dalam penyimpanan di flashdisk hilang? Jika ini terjadi, tentu akan sangat memusingkan terlebih jika itu adalah dokumen penting. Namun, seiring berkembangnya teknologi, Anda tidak perlu khawatir lagi karena kini telah ada antivirus yang bisa mengembalikan file hidden di Flashdisk.

Pernahkan Anda mengalami File di Flashdisk Hilang?

Penyimpanan eksternal berupa flashdisk memang yang paling digunakan saat ini, terlebih bagi para pengguna PC. Sayangnya, kerap kali muncul masalah berupa hilangnya file secara tiba-tiba padahal tidak merasa menghapusnya.

Selain itu, kapasitas penyimpanannya sendiri cukup besar, jadi bagaimana sebuah file bisa tiba-tiba hilang? Usut punya usut ternyata, data-data tersebut tidaklah terhapus melainkan hanya disembunyikan saja. Biasanya hal ini karena flashdisk telah terkena virus.

Lalu bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk? Mungkin itu adalah pertanyaan-pertanyaan yang kerap terpikirkan. Tidak perlu takut karena ada beberapa cara dan trik sederhana yang bisa dilakukan.

Cara Mengembalikan File Hidden dengan Smadav

Memang pada dasarnya ketika sebuah perangkat terkena virus, maka secara tidak langsung akan mempengaruhi file-file yang tersimpan di dalamnya. Oleh karena itu, terdapat beberapa antivirus paling populer untuk merawat perangkat dari virus-virus merusak.

Smadav adalah salah satu antivirus yang paling sering digunakan. Bahkan aplikasi ini bisa digunakan untuk mengembalikan file-file yang hilang. Caranya yaitu:

1. Buka Smadav

Langkah pertama yang harus dilakukan sudah tentu dengan membuka Smadav itu sendiri. Kemudian akan muncul beberapa tampilan menu maupun fitur pendukung untuk membersihkan virus. Namun, untuk mengembalikan file yang hilang cukup abaikan saja opsi “clean all virus”.

Hal ini berlaku apabila perangkat komputer Anda memiliki antivirus Smadav. Apabila tidak ada, maka harus menginstall-nya terlebih dahulu.

2. Scanning

Di bagian pojok kiri atas terdapat pilihan menu scanning, maka klik itu dan aplikasi akan melakukan deteksi secara otomatis pada flashdisk maupun HDD. Memang benar jika antivirus Smadav ini bisa digunakan untuk mengembalikan file hilang di perangkat penyimpanan internal maupun eksternal.

3. Unhidden File

Setelah Anda melakukan proses scanning hingga selesai, maka di layar akan muncul beberapa tampilan menu pada tab. Salah satunya hidden file. Maka klik opsi tersebut dan Anda akan menemukan data-data yang tersembunyi, kemudian pilih dan tekan “unhide all”.

4. Shortcut File Terhapus

Bagaimana jadinya jika shortcut file di dalam Smadav yang seharusnya bisa dikembalikan justru terhapus? Tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengembalikannya dengan memanfaatkan fitur recycle bin.

Caranya yaitu dengan membuka recycle bin kemudian mengklik restore pada shortcut yang telah terhapus. Sebab, sejatinya data-data terdelete masih tersimpan di dalam aplikasi tersebut. Kemudian untuk mengembalikan file melalui antivrus, maka tinggal bukan TAB quarantine baru di restore.

Mengembalikan File dengan CMD

Cara mengembalikan file yang tersembunyi juga dilakukan menggunakan CMD. Hanya saja metode dan perintah-perintah yang harus diikuti cukup panjang sehingga banyak orang mudah lupa. Untuk itu, berikut ini beberapa tahapannya:

  • Langkah pertama yaitu dengan membuka CMD dengan menekan tombol windows + R.
  • Kemudian dengan mengetikkan CMD baru ditekan enter.
  • Setelahnya hubungkan flashdisk hingga terbaca di dalam perangkat komputer dan cek huruf letternya.
  • Misalnya saja E:, maka silakan masukkan perintah E: tersebut di CMD dan tekan enter.
  • Langkah terakhir yang harus benar-benar diingat yaitu dengan memasukkan perintah attrib –s –r –h *.* /s /d /l kemudian pilih enter.

Setelah langkah tersebut selesai, maka silakan cek flashdisk maupun hardisk Anda. Hanya dengan langkah tersebut file telah berhasil dikembalikan di penyimpanan sebelumnya.

Mengembalikan File dengan Recuva

Recuva adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk me-recovery data yang tersembunyi. Fitur di dalamnya juga hampir sama dengan antivirus Smadav. Cara ini adalah langkah terakhir apabila kedua metode di atas belum berhasil, di antaranya adalah:

  • Pertama adalah dengan mengunduh Recuva terlebih dahulu.
  • Kemudian menginstall-nya di PC Anda. (cara yang satu ini bisa dikatakan lebih mudah jika dibandingkan dengan metode-metode sebelumnya).
  • Lalu silakan hubungkan flashdisk ke perangkat komputer dan tunggu hingga terbaca.
  • Klik “Next” dan juga pilih menu recovery untuk mengembalikan data yang telah disembunyikan.
  • Setelah itu, akan ditampilkan beberapa perintah untuk diikuti. Dengan mengklik “Next” untuk menyetting lokasi flashdisk.
  • Klik “lanjut” untuk memulai proses scanning. Dari sini hanya tinggal menunggu, maka file tersembunyi akan terbaca kembali.
  • Apabila telah terlihat, Anda sudah bisa melakukan restore data yang diinginkan.

Itulah antivirus yang bisa mengendalikan file hidden beserta langkah-langkahnya. Anda juga perlu mengetahui cara mengembalikan file yang terhapus jika cara di atas kurang maksimal. Beberapa alternatif memang mengharuskan untuk mengunduh apliaksi tambahan terlebih dahulu. Namun, jika tidak ingin ribet Anda bisa mengembalikan data yang hilang menggunakan CMD saja.

Galeri untuk Antivirus yang Bisa Mengembalikan File Hidden di Flashdisk

Gambar Gravatar
Website Dakwah Muslimah Menerima Tulisan Dakwah Baik Fiksi maupun Non Fiksi  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *