Susu untuk Diabetes yang Baik bagi Kesehatan

52 views

Susu untuk Diabetes

Susu mungkin minuman yang wajib dikonsumsi oleh sebagian orang ketika sarapan. Tetapi jika Anda menderita diabetes, jangan lupa bahwa minuman tradisional ini juga mengandung karbohidrat, yang dapat memengaruhi kadar gula darah Anda. Susu untuk diabetes yang bagis dikonsumsi adalah bebas lemak dengan kandungn sekitar 12 gram karbohidrat.

Tidak ada tambahan gula, hanya laktosa yang terjadi secara alami langsung dari sumbernya. Anda juga dapat terus minum susu sapi, tetapi Anda harus menguji kadar glukosa darah Anda sebelum dan dua jam setelahnya, untuk melihat seberapa besar pengaruh susu tersebut terhadap Anda. Berikut adalah cara menentukan susu untuk diabetes sebagai tambahan nutrisi harian yang tepat untuk Anda.

Jenis  Susu untuk Diabetes

Jika Anda adalah penderita diabetes tipe 2, kebutuhan pola makan Anda harus spesifik dan memerlukan sedikit perencanaan harian. Berikut adalah beberapa saran susu untuk diabetes sebagai alternatif konsumsi harian Anda :

  1. Susu Vanila Almond Tanpa Pemanis

Cobalah menggunakan susu vanila almond tanpa pemanis sebagai alternatif susu untuk diabetes yang biasanya dibuat dari sapi. Anda akan menyukai rasa susu kacang almond yang lembut dan creamy dalam sereal sarapan atau smoothie.

  1. Santan tanpa pemanis

Santan kental memberi Anda rasa yang sangat cocok untuk dituangkan dalam kopi Anda. Santan memang memiliki kandungan lemak lebih tinggi dari jenis susu lainnya. Namun kandungan lemak lebih baik daripada karbohidrat.

  1. Susu kedelai tanpa pemanis

Cobalah menambahkan susu kedelai tanpa pemanis ke oatmeal atau mencampurkannya dalam smoothie sebagai pengganti makanan.

  1. Susu biji rami tanpa pemanis

Biji rami mempunyai kandungan asam lemak omega-3 yang sehat. Jadi alternatif susu untuk diabetes yang bagus adalah susu kedelai tanpa pemanis.

Anda juga bisa menambahkan buah pisang untuk meningkatkan rasa rami kacang. Blender keduanya bersama-sama dengan es.

Susu kaya kalsium dapat masuk ke dalam rencana makan harian Anda dengan cara yang sehat. Anda hanya perlu tetap sadar akan label nutrisi dan menguji gula darah Anda sebelum dan sesudah mengonsumsi makanan baru.

Tips Perencanaan Makan untuk Penderita Diabetes

Bagaimanakah perencanaan pola makan yang bagus untuk penderita diabetes?

  1. Lakukan Penghitungan Karbohidrat

Anda harus mengetahui jumlah karbohidrat yang Anda konsumsi setiap kali makan atau mengkonsumsi camilan. Tanyakan pada dokter untuk menentukan berapa banyak karbohidrat yang Anda butuhkan setiap hari.

Satu gelas susu sapi bebas lemak atau rendah lemak memiliki sekitar 12 gram karbohidrat, sedangkan susu kedelai tanpa gula hanya memiliki 4 gram per porsi. Ingatlah untuk memeriksa label nutrisi untuk kalsium, vitamin-D, vitamin-A, kalium dan vitamin dan mineral lainnya sebelum membuat pilihan.

  1. Gunakan Metode Piring

Metode piring adalah mengisi setiap piring yang Anda makan dengan protein 25 %,  biji-bijian atau makanan bertepung 25 %, dan  sayuran tanpa tepung 50 %. Metode  ini efektif untuk menjaga kadar glukosa darah Anda. Faktor dalam minuman seperti susu juga dapat dihitung sebagai sumber protein dan karbohidrat.

  1. Perhatikan Indeks glikemik / muatan glikemik

Makanan dengan indeks glikemik tinggi meningkatkan kadar glukosa darah dengan cepat. Segelas susu sapi rendah lemak memiliki indeks glikemik 37 dan beban glikemik 4. Jadi perhatikan indeksnya dengan baik.

Jenis Susu yang Harus Dihindari

Di bawah ini adalah beberapa jenis susu yang  jauh lebih banyak mengandung karbohidrat dan harus Anda hindari :

  1. Susu Cokelat dan Susu Beraroma Lainnya

Susu coklat biasanya mengandung 8-10 gram gula tambahan per sajian dan susu rendah lemak memiliki 2,5 gram lemak total, 20 gram karbohidrat total, dan 8 gram gula tambahan.

Susu kedelai mungkin bisa menjadi pengganti yang bergizi ketika Anda mendambakan sesuatu yang manis dan dapat digunakan dalam konteks total asupan karbohidrat untuk hari itu.

  1. Susu Sapi Murni

Susu sapi murni mengandung kalori dan lemak lebih tinggi. Memilih susu untuk diabetes dengan opsi rendah lemak dan gula akan memberi Anda jumlah kalsium yang sama tanpa lemak.

Jika Anda ingin menemuka susu untuk diabetes yang bagus, maka cobalah perhatikan kandungan nutrisi pada label wadah susu. Beberapa kandungan yang harus Anda perhatikan adalah :

  1. Lemak
  2. Gula
  3. Karbohidrat
  4. Kolesterol

Penderita diabetes harus mencari paling sedikit jumlah gula per sajian untuk mencegah minum susu manis. Anda juga harus menghindari susu yang tinggi lemak jenuh dan trans. Tidak seperti lemak jenuh dan trans, lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda bisa bermanfaat ketika dimakan dalam jumlah sedang. Lemak tak jenuh tunggal dapat membantu mengurangi kolesterol jahat. Lemak tak jenuh ganda bermanfaat bagi jantung.

Panduan Menemukan Susu untuk Diabetes yang Bagus

Produk susu yang bagus menurut Hitsindo.com membantu pengelolaan berat badan dan mengurangi risiko hipertensi dan sindrom metabolik, yang merupakan faktor risiko utama untuk diabetes tipe 2. Di bawah ini ada beberapa panduan untuk menemukan susu dengan kandungan nutrisi yang bagus bagi penderita diabetes :

  1. Kalsium, vitamin D dan magnesium

Kalsium dan vitamin D, serta magnesium, dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 dengan memodulasi resistensi insulin, fungsi sel beta pankreas, dan peradangan.

  1. Protein

Protein whey dapat meningkatkan sensitivitas insulin, meningkatkan toleransi dan membantu dalam pengendalian berat badan; 3,9,12

  1. Asam amino esensial

Asam amino dapat melawan disfungsi mitokondria dan meningkatkan termogenesis

  1. Peptida bioaktif

Peptida bioaktif  juga dapat membantu mengontrol tekanan darah2

  1. Asam trans-palmitoleat

Asam trans-palmitoleat dikaitkan dengan resistensi insulin yang lebih rendah, tekanan darah rendah, profil lipid yang lebih baik dan pengurangan risiko diabetes tipe 2

Apapun yang susu untuk diabetes yang Anda pilih, pertimbangkan kandungan susunya dengan 45 hingga 60 gram karbohidrat per makan. Karbohidrat yang ditemukan dalam susu harus dihitung ke dalam angka itu.

Galeri untuk Susu untuk Diabetes yang Baik bagi Kesehatan

Gambar Gravatar
Website Dakwah Muslimah Menerima Tulisan Dakwah Baik Fiksi maupun Non Fiksi  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *