Tips Memiliki Blog Review Produk Kecantikan

31 views

Tips Menulis Review Produk Kecantikan

Memiliki blog bisa menjadi salah satu sarana unik untuk menggambarkan atau melukiskan sesuatu. Salah satunya adalah menuliskan review mengenai produk kecantikan. Banyaknya blog review produk kecantikan bisa menjadi tantangan untuk diri Anda sendiri. Di blog tersebut biasanya dituliskan mengenai informasi mengenai produk dan hal yang lainnya.

Di blog tentang kecantikan, Anda tidak hanya menemukan review mengenai produk, namun juga aplikasi, kecantikan, skincare bahkan agama. Informasi lengkap tersebut, khususnya untuk muslimah akan dapat memberikan manfaat untuk diri sendiri. Misalnya Anda kurang tahu bagaimana hukum islam tentang cukur alis. Sedangkan di sisi lain, Anda harus mereview mengenai produk yang digunakan untuk mencukur alis.

Untuk menuliskan mengenai blog review produk kecantikan indonesia juga tidak mudah. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan terlebih dahulu agar tulisan di blog enak dibaca.

Tips Menulis Review Produk Kecantikan

Di blog review produk kecantikan, ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Target

Tentukan terlebih dahulu target pembaca. Target pembaca ini akan menentukan bagaimana bahasa dan cara menulis dari review tersebut agar mudah dipahami dan diterima. Dengan begitu, orang yang membaca review Anda merasa tertarik dan betah berlama-lama membaca.

2. Sesuatu yang Unik

Dalam menulis review, hindari menulis secara keseluruhan. Akan lebih baik jika dalam blog review produk kecantikan ditambah dengan informasi penting lainnya. Misalnya, mengenai kandungan produk dan manfaatnya. Dengan begitu, orang lain juga tahu jika produk tersebut bermanfaat karena kandungan isinya.

Selain itu, sampaikan dengan tata cara penulisan yang mudah dipahami. Sematkan gambar agar pembaca mengetahui jika yang sedang Anda review adalah produk A atau B. Sertakan juga mengenai buktinya. Misalnya lipstik termasuk lipstik yang waterproof. Maka Anda harus menunjukkan jika benar bahwa lipstik tersebut adalah lipstik anti air.

3. Buat Intro yang Menarik

Anda bisa menambahkan intro yang menarik. Misalnya mengenai masalah kulit yang menyebabkan Anda menggunakan skin care. Dari hal yang melatar belakangi tersebut akan membuat orang lain paham mengenai apa yang sedang Anda alami dan mengapa harus mereview produk tersebut.

Cara ini sangat membantu ketika Anda mereview kemudian melakukan sistem soft selling. Dengan begitu, orang yang membaca review Anda tertarik membeli produk tersebut karena sudah ada buktinya jika produk tersebut ampuh.

4. Jelaskan Brandnya

Sebelum Anda mereview, ada baiknya jika Anda menjelaskan mengenai brand dari produk. Ini disebabkan karena tidak semua orang mengetahui produk tersebut terutama produk baru. Dengan pengenalan produk, maka visitor Anda tahu bahwa produk tersebut aman dan bisa menjadi bahan pertimbangan. Misalnya karena memiliki kandungan alkohol, sehingga orang yang memiliki kulit sensitif, bisa menghindari produk tersebut.

5. Jabarkan Mengenai Produk

Jangan lupa untuk menjabarkan mengenai produknya. Misalnya lipstik A jika diaplikasikan akan terasa creamy namun cepat kering. Tujuannya adalah menjelaskan mengenai review yang Anda lakukan dan pembaca juga tahu mengenai produknya.

Selain itu, jangan lupakan mengenai cara pemakaiannya. Banyak produk yang tidak disertai dengan petunjuk cara pemakaian sehingga salah dalam menggunakannya. Dengan adanya cara pemakaian, memberikan nilai tambah tersendiri.

6. Perhatikan Kuantitas

Akan lebih baik jika Anda melakukan review jujur. Jika produk tersebut baik untuk digunakan, maka katakan yang sebenarnya. Jika tidak katakan tidak. Dengan begitu, Anda tidak memberikan informasi yang salah kepada orang lain bahkan dapat membahayakan orang tersebut.

7. Konsisten

Jangan lupa untuk tetap konsisten dalam mereview. Jika Anda tidak membeli produk kecantikan, Anda bisa mereview mengenai hal lain. Misalnya khasiat masker bengkoang yang terbuat dari sari bengkoang.

Beauty Blogger Terkenal di Indonesia

Ada banyak beauty blogger yang ada di Indonesia. Para blogger ini memiliki blog review produk kecantikan seperti yang dilansir dari Lisa Nur Aeni ada beberapa beauty blogger yang memiliki banyak penggemar dan pengikut.

  • Andra Alodita

Bagi Anda yang bekerja di bidang blogging dan juga dunia kecantikan, nama Alodita sebagai salah satu beauty dan lifestyle blogger bukan nama yang baru. Fotografer ini mulai aktif menjadi blogger di tahun 2008. Jalan panjang membuatnya menjadi salah satu beauty blogger terkenal di Indonesia.

Di tahun 2009-2011, tulisannya banyak dimuat di majalah dan bahkan menjadi salah sumber review. Selain sebagai blogger, Alodita juga masih menjadi fotografer. Ia tertarik untuk memotret fashion, wedding, prewedding dan makanan.

Dalam blognya, ia tidak hanya menulis mengenai fashion dan produk kecantikan saja namun juga gaya hidup. Bahkan ia juga kerap menuliskan catatan perjalanannya.

  • Lizzie Parra

Lizzie pertama kali berkarir sebagai junior manager kecantikan di salah satu brand. Kemudian ia memutuskan untuk menjadi make up artist. Sejalan dengan profesinya tersebut, Lizzie kemudian membuat sebuah blog bukan hanya untuk review produk namun juga menjadi portofolionya. Ia kerap memberikan informasi dan hasil make up yang dilakukan.

Akhirnya banyak orang yang menyukai tulisannya sehingga ia menuliskan tutorial rias di blog. Bahkan dari review tersebut, membuat dirinya menjadi salah satu influencer di dunia kecantikan yang banyak diundang di acara penting. Misalnya di peluncuran produk baru.

Itulah beberapa tips yang bisa membantu jika Anda ingin memiliki blog review produk kecantikan. Namun, tetap menjadi diri sendiri dengan gaya bahasa Anda agar blognya enak dibaca dan berbeda dengan blog lainnya. Jika Anda membutuhkan informasi tentang blog review, kami selalu memberikan informasi bermanfaat kepada Anda.

Gambar Gravatar
Website Dakwah Muslimah Menerima Tulisan Dakwah Baik Fiksi maupun Non Fiksi  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *