8 Kriteria Rumah Menurut Pandangan Islam

77 views

rumah menurut pandangan Islam

Rumah merupakan sebuah bangunan yang tidak hanya digunakan sebagai tempat tinggal oleh manusia saja, melainkan juga untuk berlindung dari terik dan panasnya sinar matahari, hujan serta singgahsana berkumpul bersama angggota keluarga maupun kerabat.

Sehingga, tidak jarang orang membangun tempat tinggalnya dengan berbagai hal yang membuat terkesan elegan, mewah dan megah. Meski bukan termasuk larangan agama, namun Anda juga perlu memperhatikan bagaimana rumah menurut pandangan Islam.

Rumah Menurut Pandangan Islam

Sebagai seorang muslim, tentunya sudah mengetahui bahwa Islam telah mengatur segala kehidupan manusia. Mulai yang mengenai agama maupun hal-hal kecil lainnya. Di antaranya yaitu dalam pembangunan hunian atau tempat tinggal. Bahkan, tidak jarang orang Islam mengerti akan hal ini.

Bagi Anda yang hendak membangun sebuah tempat tinggal. Berikut beberapa kriteria rumah menurut Islam yang baik. Seperti:

Rumah yang Baik

Boleh tidak seorang muslim memperindah tempat tinggalnya dengan berbagai model? Jawabnya tentu saja diperbolehkan. Sebab di dalam Islam sendiri menyukai sebuah keindahan. Serta maksud rumah yang baik ialah bangunan hunian kokoh, ventilasinya cukup dan terjaga kebersihannya.

Hal tersebutpun telah terdapat dalil Al Qur’an-nya yang menjelaskan bahwa Allah senantiasa memperbolehkan suatu hal baik dan sebaliknya mentidakbolehkan sebuah keburukan. Sebagaimana ayat yang berbunyi.

Tidak Bermewah-Mewahan

Sekarang ini beberapa orang lebih mementingkan untuk menimbun kekayaan dan membangun rumah yang mewah bagaikan istana. Sebenarnya hal tersebut ialah tanda-tanda mendekati hari akhir dunia. Sehingga, sebagai seorang muslim sebaiknya membuat tempat tinggal dengan sederhana saja.

Seperti, tidak membagun di area yang luas asalkan cukup untuk ditinggali penghuninya. Serta tidak pula menggunakan furnitur berharga jutaan agar dipuji orang lain. Allah pun telah memerintah umat-Nya guna meninggalkan hal bermewah-mewahan sesuai dengan dalil di bawah ini.

Terletak di Antara Tetangga Baik

Sebelum membangun rumah, ada baiknya memilih tempat yang strategis. Andai tidak paham mengenai hal tersebut, bisa juga meminta bantuan jasa desain rumah. Maksudnya, selain dekat dengan masjid ataupun musola. Perlu juga memperhatikan lingkungan tetangga sekitarnya. Sebab yang terdekatlah akan mempengaruhi kehidupan Anda.

Seperti lingkungan yang dengan kehidupan maksiat, lambat laun Anda pula akan turut ikut serta dalam kemaksiatan. Begitu pula sebaliknya, bila berada dekat orang-orang yang sholeh pun membawa dampak baik juga. Hal tersebut tercantum dalam hadis rasulalllah sebagai berikut.

Memperlihatkan Lingkungan Sekitar

Selain dengan berada di sekitar orang shaleh. Ada pula hal lain yang perlu diperhatikan yaitu lingkungan tempat tinggal Anda. Di antaranya menjauhkan bangunan rumah dari area kumuh atau kotor. Seperti dekat genangan air keruh, pembuangan sampah akhir dan lain-lainnya.

Rumah menurut pandangan Islam ialah, hunian yang menjaga kebersihan dan kesucian sebab itu termasuk bagian dari iman. Sehingga semua muslim wajib untuk memperhatikan hal tersebut. Sesuai sabda Rasullulah diriwayatkan Muslim berikut.

Memiliki Aliran Udara dan Air yang Baik

Di dalam sebuah rumah baik ialah memiliki cukup dengan aliran udara yang masuk maupun keluar secara lancar serta terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Sehingga, akan turut membuat orang di dalamnya terhindar dari penyakit dan nyaman.

Selain udara, ada lagi sanitasi air perlu juga dijaga. Sebab hampir keseluruhan aktivitas manusia memerlukan air mulai dari minum, mencuci, mandi dan kegiatan lain. Sebagaimana sebuah hadist menyebutkan.

Terdapat Banyak Kamar

Maksudnya disini ialah membangun banyak kamar guna memisahkan antara kamar anak laki-laki dan perempuan. Serta, apabila suatu saat ada seorang sanak saudara yang hendak menginap di rumah, Anda bisa menepati salah satu tanpa harus menggunakan ruang tidur utama.

Selain itu, juga berguna untuk menyembunyikan aktivitas penghuni rumah. Sehingga, hal-hal buruk yang berada di dalam tempat tinggal tersembunyi dan tidak tampak oleh tamu. Di sisi lain, Anda juga bisa memuliakan tamu dengan memberikan mereka privasi sendiri juga.

Dianjurkan Dekat Masjid

Meski sebaiknya rumah itu berada jauh dari masjid diperbolehkan, sebab pahala setiap langkah menuju tempat ibadah akan lebih besar. Namun, mengingat kembali bagaimana iman masyarakat sekarang ini yang mudah tergoyahkan. Maka dianjurkan untuk membangun tempat tinggalnya dengan area masjid.

Tidak Meninggikan Bangunan Rumah

Akhir-akhir ini banyak orang yang berlomba-lomba tampil unggul dan populer. Sehingga, mereka berlomba-lomba membangun bangunan dengan kontur setinggi mungkin. Padahal, hal tersebut merupakan salah satu tanda-tanda mendekati hari kiamat.

Tata Letak Rumah Menurut Pandang Islam

Tidak hanya dalam mengatur bagaimana bangunan rumah itu harus didirikan, namun juga telah diatur tata letak posisi rumah menurut pandangan Islam. Maka, ada baiknya Anda mengetahui pula beberapa aturannya. Seperti:

Posisi Rumah

Rumah ialah hunian yang akan sering disinggahi setiap orang. Sehingga, ada baiknya bila tempat tinggal dibuat dengan beberapa fasilitas yang menunjang dalam berbagai bidang. Baik di bidang agama seperti adanya area khusus ibadah, ruang bersantai bersama keluarga dan lainnya.

Tempat tinggal juga sebaiknya dihadapkan ke arah kiblat mengikuti suatu arah bentuk masjid. Hal ini ditujukan agar penghuni rumah maupun tamu yang singgah akan dengan mudah mengetahui arah sholat.

Selain itu, letak sebuah tempat tinggal juga harus memperhatikan cahaya yang datang, mata angin serta lainnya agar memudahkan sirkulasi udara dan penerangan menuju ke rumah. Dengan begitu, penghuni juga jauh lebih sehat.

Posisi Kamar Tidur

Posisi kamar tidur menurut Islam pun ada aturannya. Sebab ruang tidur merupakan ruangan yang sangat penting digunakan sebagai tempat istirahat setiap orang dikala lelah malam hari serta melakukan kegiatan pribadi lainnya.

Sehingga perlu ditata dengan sedemikian rupa. Posisi kamar tidur dalam Islam yakni, diposisikan dengan bagian kepala pada berada di kiblat serta kaki di arah lainnya.

Namun, perlu diperhatikan hindari meletakkan kaki di arah kiblat. Selain itu, juga tempat tidur diposisikan agar penghuninya dapat tidur menghadap ke kanan sesuai dengan anjuran sunnah Nabi Muhammad SAW. Sehingga, dalam setiap tidur Anda akan mendapat keberkahan.

Posisi Dapur

Setiap rumah pastilah memiliki dapur guna menyiapkan sajian masakan untuk anggota keluarga. Dapur dalam Islam yang baik, haruslah mempunyai perabotan sederhana mengingat bahwa Allah tidaklah menyukai sesuatu berlebihan.

Setiap makanan yang masuk ke tubuh untuk kelangsungan hidup setiap individu, bukannya sebaliknya hidup guna makan-makan saja. Tata letak dapur sendiri sebaiknya diletakkan pada bagian terdalam atau belakang di rumah agar tidak nampak oleh tamu atau orang yang berkunjung.

Posisi Toilet

Posisi toilet dan kamar mandi pun juga perlu diperhatikan. Seorang muslim harus mengetahui bahwa tempat membuang hajat tidaklah boleh dibangun menghadap maupun membelakangi arah kiblat. Meskipun hal tersebut bukanlah perbuatan dosa.

Demikianlah rumah menurut pandangan Islam yang baik. Sebaik-baiknya hunian di dunia Anda masih perlu juga menyiapkan tempat yang indah di masa depan, yaitu akhirat. Perbanyak ibadah dan semoga informasi di atas bermanfaat untuk menemukan kunci surga.

Gambar Gravatar
Website Dakwah Muslimah Menerima Tulisan Dakwah Baik Fiksi maupun Non Fiksi  

One thought on “8 Kriteria Rumah Menurut Pandangan Islam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *