10 Rahasia Kaya menurut Islam

8 views

Rahasia Kaya menurut Islam

Sebagai seorang muslim, maka dalam mencari rezeki di bumi ini sudah sepatutnya Anda mengamalkan rahasia kaya menurut Islam. Hal tersebut selain akan menjadikan kehidupan di bumi lebih sejahtera, juga dapat memberikan tabungan akhirat berupa pahala bagi setiap pelakunya.

Berbagai Rahasia Kaya Menurut Islam

Islam telah memberikan petunjuk pada manusia agar mereka mudah mencari rezeki yang halal lagi baik. Sayangnya, hal tersebut masih belum dilakukan oleh sebagian orang karena besarnya rasa malas akibat godaan dari para setan. Dan berikut ulasan lengkapnya:

  1. Rutin Melaksanakan Salat Dhuha

Rahasia yang pertama yakni manusia harus rajin melaksanakan salat Dhuha.Seperti pengetahuan pada umumnya, ibadah ini memang memiliki fadhilah besar dalam rangka meminta tambahan rezeki serta keberkahannya pada Allah SWT.

Dalam bacaan salat Dhuha, telah dijelaskan secara gamblang bahwasanya di sana para makhluk meminta kepada Allah untuk:

  • Menurunkan rezeki yang masih berada di langit.
  • Mengelurakan rezeki yang masih ada di bumi.
  • Memudahkan rezeki yang masih sulit untuk diraih.
  • Mendekatkan rezeki yang masih jauh.
  • Menghalalkan rezeki yang masih haram.
  1. Rajin Menjalankan Salat Tahajjud

Salat Tahajjud merupakan salah satu wasilah yang digunakan oleh manusia untuk meminta berbagai kemudahan kepada Allah SWT. Tak terkecuali dalam urusan mencari rezeki. Kautamaan ibadah ini memang sangat besar dan dianjurkan dikerjakan di sepertiga terakhir malam.

Waktu sepertiga terakhir malam sangatlah utama untuk mengerjakan salat tahajjud, karena pada saat-saat tersebut merupakan momen-momen mustajabahnya do’a manusia kepada Allah. Dalam melakukanya Anda harus rutin dan ikhlas. Tak perlu banyak-banyak, mulai 2 rokaat saja sudah cukup.

  1. Rajin Membaca Surat Al-Waqi’ah

Dalam rangka menumbuhkan mental kaya Anda agar selalu senantiasa terbangun secara spritual maupun material, kiranya membaca salah satu surat dalam kitab suci Al-Qur’an yakni Al-Waqi’ah sangatlah diperlukan. Manfaatnya sangat banyak dalam kehidupan baik di dunia maupun akhirat.

Surat tersebut mempunyai keutamaan yang besar dalam memudahkan pencarian rezeki manusia jika dibaca secara rutin. Anda dianjurkan untuk membaca Al-Waqi’ah minimal satu kali dalam sehari setelah selesai melaksanakan salat fardhu.

  1. Senantiasa Bersyukur Atas Nikmat yang Telah Diberikan Allah

Dalam surat Ibrahim ayat 7, Allah telah berfirman bahwasanya dia akan menambah nikmatnya kepada manusia yang pandai bersyukur dan apabila mereka menabaikan pemberian nikmat dari Allah tersebut, maka azabnya sangatlah pedih.

Dari penjelasan dalam surat tersebut, dapat diambil pelajaran bahwasanya jika ingin memperoleh nikmat berlimpah serta rahasia kaya menurut Islam, maka manusia harus pandai mensyukuri pemberian Allah dengan berbagai cara apapun. Jangan mengeluh dan kufur nikmat karena itu dibenci oleh-Nya.

  1. Gemar Menyedekahkan Sebagian Harta

Sering bersedekah tidak akan membuat harta Anda habis, namun yang berlaku malah sebaliknya. Uang ataupun barang yang disedekahkan justru bisa bertambah berkali-kali lipat dan diganti oleh Allah dengan berbagai macam kenikmatan dalam bentuk kesehatan, rezeki dan hal-hal baik semacamnya.

Maka dari itu, Anda tidak boleh pelit dalam menyedekahkan harta, baik itu untuk fakir miskin ataupun keperluan lain seperti pembangunan masjid serta tempat-tempat publik. Bersedekahlah dengan ikhlas dan tanpa dilandasi rasa ingin diketahui orang lain atau riya’.

  1. Bekerja dengan Sungguh-sungguh yang Disertai Do’a

Bekerjalah seakan Anda akan hidup selamanya, sehingga dalam melakukan pekerjaan tersebut senantiasa didasari rasa semangat dan pantang menyerah. Dan beribadahlah layaknya manusia segera mati, sehingga timbul kekhusyukkan serta niat untuk selalu bertaubat tanpa henti kepada Allah SWT.

Kedua aspek tersebut baik pekerjaan maupun do’a tau ibadah harus dilakukan dengan seimbang dalam kehidupan ini. Hal tersebut juga bisa mendatangkan kemudahan serta keberkahan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT kepada para hamba-Nya.

  1. Selalu Menzakati Harta yang Diperoleh

Menzakati harta sebanyak 2,5 % dari jumlah keseluruhanya setiap bulan yakni wajib hukumnya untuk dilakukan oleh setiap muslim. Tujuan dari hal tersebut adalah, demi membersihkan setiap kekayaan yang mungkin saja terdapat unsur-unsur haram di dalamnya.

Jika harta yang telah Anda peroleh benar-benar bersih dari unsur keharaman, maka Insya Allah rezeki selanjutnya pun akan datang dengan mudah dan dilipatgandakan.

  1. Berbisnis dengan Jujur

Ketika melakukan bisnis khususnya dalam bidang perdagangan, maka contohlah Rasullulllah SAW yang senantiasa jujur dan tidak melibatkan riba pada setiap dagangan jualannya.

Jangan khawatir, Anda tidak akan memperoleh banyak keuntungan karena berlaku jujur tersebut. Sebaliknya, pembeli malah semakin gemar dan percaya membeli dagangan. Selain itu, Allah pun juga senang menambahkan rahmat serta rezeki-Nya.

  1. Menghindari Perilaku Buruk dan Barang Haram

Dalam kehidupan sehari-hari, sebisa mungkin hindarilah perilaku maksiat serta memakan makanan haram baik dari segi zat maupun cara memperolehnya. Karena hal tersebut bisa menghalangi kemudahan mencari rezeki serta keberkahannya.

Sebaiknya Anda lebih selektif dalam membelanjakan harta dan memilih makanan halal untuk dikonsumsi bersama-sama keluarga di rumah.

  1. Senantiasa Melaksanakan Salat Fardhu

Salat fardhu yakni shubuh, dhuhur, asar,maghrib, dan isya’ merupakan kunci dari segala ibadah Anda. Rezeki yang diberikan kepada manusia pun juga didasarkan pada sebaik apa mereka melaksanakan rukun Islam yang kedua tersebut.

Jadi. jangan pernah sekali-kali Anda meninggalkan salat hanya untuk keperluan dunia termasuk juga bekerja mencari rezeki. Hal tersebut tidak akan menambah kekayaan serta keberkahan, tetapi malah menghadirkan dosa dan petaka.

Itulah pembahasan mengenai rahasia kaya menurut Islam yang dapat disampaikan secara gamblang dan terperinci dalam ulasan artikel kali ini. Semoga informasi tersebut benar-benar bermanfaat, serta dapat memotivasi Anda untuk lebih giat mencari rezeki dan mendekatkan diri pada Allah SWT.

Gambar Gravatar
Website Dakwah Muslimah Menerima Tulisan Dakwah Baik Fiksi maupun Non Fiksi  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *