Pengertian Online Learning dalam Sistem Pembelajaran

80 views

Pendidikan di Indonesia dimulai dari SD sampai perguruan tinggi. Proses pembelajaran yang efektif sangatlah dibutuhkan dalam hal ini. Maka terciptalah penyampaian materi di masa pademi ini sudah menggunakan sarana elektronik. Namun, tidak semuanya paham dengan pengertian online learning.

Pengertian Online Learning

Saat ini sebagian masyarakat sangat bergantung pada teknologi terbaru, salah satunya yaitu internet. Dengan adanya penunjang tersebut sangat menguntungkan bagi beberapa aspek kehidupan, seperti pada proses pendidikan dan proses pembelajaran pun bisa secara langsung dari jarak jauh.

Pembelajaran jarak jauh sering pula disebut Online learning, dimana proses pembelajaran menggunakan internet, intranet, ekstranet dan jaringan Komputer yang terhubung secara langsung serta mempunyai cakupan cukup luas.

Dalam proses pembelajaran dengan online learning terdapat 3 komponen yang di perhatikan. Strategi pembelajaran, model pendidikan dan teknologi pembelajaran. Ketiganya harus selalu terhubung agar berjalan secara efekteif serta dapat mendapat pengawasan yang baik.

Fungsi Online Learning

Setiap apapun yang tercipta pasti ada fungsinya masing-masing. Pembelajaran online pun juga memilikinya. Hal ini agar memberikan pemahaman kepada siapapun pengguna baru sehingga dapat berjalan dengan semestinya.

Dalam hal ini, online learning bisa di jadikan tambahan bagi para siswa. Di sini, kegiatan disekolah yang tidak mencukupkan dalam proses pembelajaran dapat di tambahkan dengan menggunakan internet. Dengan begitu, akan menambahkan pemahaman terhadap suatu materi.

Komplemen (pelengkap) dan substitusi (pengganti). Keduanya sangat berfungsi pada saat proses pembelajaran. Dengan melengkapi yang belum ada dan juga mengganti materi yang diterima oleh siswa jika terjadi kesalahan.

Beberapa Metode Online Learning

Dalam penggunaan dari online learning terdapat 3 metode, yaitu web course, web centric course, dan web enhanced course. Ketiganya menjelaskan bagaimana proses pembelajaran yang di lakukan dalam jaringan. Tetapi dalam hal ini juga masih menggunakan proses tatap muka (konvensional), seperti:

1. Web Course

Web course merupakan proses pembelajaran dengan sepenuhnya menggunakan internet, salah satunya seperti cimacnoticias.com. Di mana guru dan siswa terpisah jarak jauh. Semua proses belajar dari penyampaian materi, ujian, diskusi menggunakan platform khusus yang telah disepakati sebelumnya.

Dalam metode ini tidak menggunakan proses tatap muka sama sekali. Kegiatan dilakukan dengan menggunakan platformplatform yang ada. Contohnya, google classroom, e-mail, chatroom, online conference dan lain sebagainya.

2. Web centric course

Web centric course merupakan proses pembelajaran yang menggunakan metode tatap muka dan juga internet. Di sini, penyampaian materi, diskusi, ujian dibagi sesuai kesepakatan dengan di lakukan secara langsung atau dalam jaringan.

Dengan adanya metode ini fungsinya adalah agar siswa dan guru saling melengkapi materi. Biasanya pengajar akan memberikan situs-situs yang dapat di pelajari kemudian saat tatap muka di lakukan diskusi. Presentase tatap muka di sini lebih sedikit daripada online.

3. Web Enhanced Course

Web enhanced course merupakan proses pembelajaran yang sepenuhnya di lakukan secara tatap muka. Metode ini masih menggunakan sarana elektronik dalam proses penyampaian materi, tetapi tidak banyak penggunaannya. Internet digunakan hanya untuk penunjang dari kegiatan belajar agar efektif.

Biasanya pengajar akan memberikan beberapa website agar memberikan materi kepada siswanya, jika tidak terdapat pada buku acuan. Web enhanced course merupakan langkah awal instansi pendidikan yang akan menggunakan proses pembelajaran berbasis online.

Lingkungan Belajar Online Learning

Jadi pengertian online learning yaitu pembelajaran elektronik. Untuk belajar dengan internet dapat menggunakan berbagai macam aplikasi atau platform di dalamnya. Banyak sekali materi-materi yang bisa di akses untuk kebutuhan belajar. Jika akan mencari maka di butuhkan kata kunci tepat.

Untuk sumber belajar itu sendiri dapat menggunakan Google, ebook, Youtube, situs-situs online, platform dan lain sebagainya. Internet akan menyediakan apapun yang Anda cari, dengan menggunakan online learning maka sangat menghemat waktu belajar.

Dengan menggunakan online learning maka akan melakukan belajar terbuka, di mana materi di internet tidak bergantung pada kurikulum sekolah. Jadi, bisa digunakan untuk lebih memfokuskan apa yang di sukai oleh individu tersebut dan menciptakan tempat belajar yang masa kini.

Kelebihan Online Learning

Banyak sekali kelebihan dari Online learning. Di zaman seperti ini, pelajar lebih memilih untuk menggunakan media internet sebagai pelengkap materi. Dengan menggunakan sarana tersebut dapat menarik minat belajar dari para anak-anak. Karena lebih inovatif dalam penyampaian pembelajaran.

Menggunakan online learning juga lebih praktis dan fleksibel. Tidak membutuhkan waktu untuk bertemu serta dapat melakukan proses pembelajaran yang di lakukan kapan saja. Selain itu, bisa menggunakan media pembelajaran menyenangkan seperti melalui video, animasi, audio dan lainnya.

Kelebihan yang lainnya yaitu informasi yang ada sudah up to date atau sudah terbaru. Di sisi lain, pelajar juga dapat mengakses pengetahuan-pengetahuan umum lainnya guna menambah wawasan. Untuk materi bisa di arsipkan jadi jika lupa bisa membukanya kembali.

Beberapa Kelemahan dari Online Learning

Online learning juga memiliki beberapa kekurangan. Tetapi hal ini dapat di kondisikan dengan berbagai cara. Pelajar yang melakukan pembelajaran pasti membuka situs-situs tentang materi. Tetapi terkadang pula ada hal negatif di dalamnya, jadi di sarankan mengganti peraturan menjadi untuk anak-anak.

Selain itu, jika menggunakan online learning juka membutuhkan akses internet yang baik sehingga membutuhkan biaya dalam pembelajaran online. Tetapi hal itu tidak menjadi masalah, karena sekarang sudah banyak provider murah yang mempunyai jaringan lancar.

Kekurangan selanjutnya yaitu jika pelajar menggunakan internet dalam proses pembelajaran. Akan tidak mungkin mereka tergiur oleh permainan yang ada di dalamnya sehingga dibutuhkan pengawasan terbaik dan penggunaan yang bijak.

Dengan adanya internet, banyak sekali situs-situs yang memberikan pembelajaran dan materi. Maka akan mempermudah seseorang untuk memahami ilmu pengetahuan yang baru. Jadi apakah Anda sudah paham akan pengertian online learning itu?

Galeri untuk Pengertian Online Learning dalam Sistem Pembelajaran

Gambar Gravatar
Website Dakwah Muslimah Menerima Tulisan Dakwah Baik Fiksi maupun Non Fiksi  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *