Konsultan ISO 17025 dan Hal-hal yang Perlu Diketahui

Konsultan ISO 17025

Konsultan ISO 17025 adalah personil yang memiliki tugas untuk membantu para klien dalam menerapkan sistem manajemen mutu khususnya di laboratorium. Semenjak November 2017, ISO sudah menerbitkan persyaratan bagi sebuah lab apabila ingin mendapat pengakuan terakreditasi.

Mengenal Apa Itu Konsultan ISO 17025

Bagi Anda yang masih belum mengenal apa itu istilah konsultan ISO 17025, maka tugasnya adalah membantu klien dalam menerapkan sistem manajemen mutu. Hal ini sudah lama menjadi aturan bagi sebuah laboratorium jika ingin memperoleh pengakuan atas Laboratorium Terakreditasi ISO 17025.

Sebagai informasi tambahan, ISO IEC 17025 merupakan kombinasi antara syarat sistem manajemen dan teknis yang harus lab penguji terapkan. Sementara di versi 2017 ini justru lebih banyak perpaduan dari ISO 9001 sehingga jika ingin menerapkan keluaran paling terbaru, sudah terdaftar di 9001.

Namun sebaliknya, ketika sebuah organisasi belum menerapkan ISO 9001, tentunya belum mampu mengaplikasikan sistem manajemen mutu berdasarkan ISO 18025 versi terbaru tahun 2017. Perubahan ini sudah banyak laboratorium aplikasikan saat ini agar mendapatkan akreditasi.

Keuntungan Penerapan SNI ISO IEC 17025 Tahun 2017

Menggunakan jasa dari konsultan sekaligus pelatihan ISO 17025 tentu memiliki berbagai macam manfaat bagi pihak yang membutuhkannya. Layanan konsultasi ini setidaknya akan membantu klien khususnya laboratorium dalam mendapatkan persyaratan akreditasi. Berikut beberapa alasannya:

Mendapatkan Pengakuan, Uji Kompetensi dan Peningkatan Kompetensi

Laboratorium akan mendapatkan pengakuan secara formal dari KAN (Komite Akreditasi Nasional) sebagai Lembaga akreditasi. Pada akhirnya laboratorium bisa memperoleh kepercayaan dari pelanggan. Tujuannya agar lab mampuĀ  mencapai pengakuan lab terakreditasi berskala internasional.

Pengujian kompetensi antar lab juga penting untuk dilakukan dalam mengikutinya sebagai peserta. Umumnya kegiatan ini mendapat nama lain yakni uji banding atau uji profisiensi. Selain itu juga menambah peluang kepercayaan, profit, legalitas hingga integritas agar menguntungkan kedepannya.

Mengurangi Resiko Ketidaksesuaian

Setiap proses laboratorium tentunya akan selalu mendapati adanya masalah. Tidak heran jika hasil pengujiannya bisa saja masih mendapatkan keraguan antara uji lainnya. Hal ini menjadi alasan bagi suatu lab untuk menerapkan SNI ISO IEC 17025 sehingga seluruh pengerjaan berjalan secara sesuai.

Adanya resiko yang bisa saja terjadi selama proses bisnis laboratorium dapat Anda hindari untuk mendaftarkan kemungkinan ketidaksesuaian. Nantinya pengakuan akreditasi ini dapat menjadi media pemasaran cukup efektif sebagai lab kalibrasi maupun lab pengujian.

Memudahkan Segala Proses Persyaratan

Adanya akreditasi SNI ISO IEC 17025 tersebut dapat menjadi persyaratan bagi sebuah laboratorium jika ingin mengikuti proses tender. Mengingat bahwa beberapa tahun ke belakang, kegiatan ini berhubungan erat dengan pengujian dan juga kalibrasi. Standar tersebut berasal dari ISO 17025.

Selain itu laboratorium yang sudah terdaftar untuk mendapatkan akreditasi tentunya akan lebih memperoleh pengakuan hingga tingkat nasional atau bahkan internasional. Pasalnya seluruh aktivitas di dalamnya terbukti mempunyai kompetensi optimal dan maksimal secara teknis.

Mencantumkan Nama Lab ke Direktori Komite Akreditasi Nasional

Bagi laboratorium yang sekaligus menjalankan proses bisnis, maka hal ini perlu untuk melakukannya. Pasalnya ketika mereka sudah terbukti mendapatkan akreditasi akan membuat nama labnya terdaftar ke dalam system Direktori Komite Akreditasi Nasional. Tentu bisa menambah citranya pada calon klien.

Tidak hanya berhasil mencantumkan nama lab ke Direktori Komite Akreditasi Nasional, sebuah laboratorium juga bisa menjadikannya sebagai ajang perbaikan. Tujuannya untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan serta memaksimalkan hasil pengujian kuantitatif,

Prosedur Konsultasi ISO IEC 17025

Setiap penyedia jasa konsultan ISO IEC 17025, memiliki beberapa metode pendekatan yang berbeda-beda sesuai dengan permintaan pelanggan. Salah satunya adalah SAS atau Simple Approach System. Tujuannya agar bisa mengembankan keseluruhan system dapat disesuaikan berdasarkan standar.

Ada beberapa tahapan yang ada di dalam prosedur konsultasi ISO IEC 17025 yakni Review Awal Sistem Laboratorium, Pemahaman Dasar SNI ISO IEC, Penyusunan Dokumen Mutu Laboratorium SNI ISO IEC 17025:2017, Penyusunan dan Pengembangan Dokumen Mutu hingga Validasi Metode.

Sasaran Program Konsultasi Lab Mutu ISO 17025

Ada beberapa sasaran dalam penetapan jasa konsultansi ini. Pengaplikasian SNI ISO IEC 17025 tahun 2017 memiliki basis manajemen risiko yaitu Risk Based Thinking Analysis atau RBT. Tujuannya agar sebuah lab mampu melaksanakan seluruh Tindakan pencegahan agar berjalan secara berkelanjutan.

Penerapan program konsultasi lab mutu yang lebih cepat karena telah berjalan secara aktif oleh setiap konsultan serta personel berkaitan lainnya. Kecepatan dalam pelaksanaannya pun juga mendapat dukungan dari beberapa inovasi dalam kegiatan tersebut, misalnya adanya ice breaking pada peserta.

Tujuannya agar minat dari seluruh personel tetap prima dan terjaga. Terutama untuk menjaga semangat mereka dalam mengikutinya karena program tersebut memang membutuhkan waktu cukup lama saat menerapkannya.

Manfaat Menggunakan Konsultan ISO 17025

Tugas dari seorang konsultan ISO sebenarnya adalah cenderung untuk membimbing sebuah perusahaan atau pihak tertentu sehingga lebih mudah dalam mendapatkan sertifikasi ISO tersebut. Sama halnya ketika sebuah laboratorium ingin memperoleh sertifikasi ISO 17025.

Konsultan ISO harus bisa memberikan pengetahuan yang lebih mengenai penerapan poin-poin dalam ISO. Fungsi tepatnya agar berhasil mencapai lingkungan pekerjaan sesuai seperti standar khususnya berskala internasional.

Konsultan ISO pun harus mampu menjadi jembatan antara perbedaan baik di perusahaan maupun di lingkungan kerja agar keduanya selaras. Pasalnya adanya perselisihan dalam pekerjaan memang sulit untuk menghindarinya.

Itulah sedikit ulasan mengenai konsultan ISO 17025 khususnya manfaat yang akan laboratorium dapatkan setelah berhasil memperoleh sertifikasi tersebut. Selain itu, jasa konsultasi memang memiliki fungsi cukup penting bagi setiap perusahaan apabila ingin mendapatkan akreditasi terstandarisasi.

Galeri untuk Konsultan ISO 17025 dan Hal-hal yang Perlu Diketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.