Amalkan Doa Menempati Rumah Baru Agar Tidak Diganggu Setan

44 views

doa menempati rumah baru

Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer bagi manusia. Karena itu kebutuhan yang hari ini harus ada. Rumah merupakan tempat untuk berlindung dan juga tempat berkumpul dengan keluarga. Memiliki rumah baru adalah impian setiap keluarga. Jangan lupa untuk membaca doa menempati rumah baru agar terhindar dari marabahaya dan hal-hal yang tidak diinginkan.

Masyarakat Indonesia khususnya Jawa selalu mengadakan selamatan atau tasyakuran ketika menempati rumah baru. Tujuannya yaitu agar rumah tersebut dapat memberi aura yang positif bagi penghuninya. Adat yang telah ada sejak lama pada masyarakat Jawa ternyata juga sesuai dengan yang diajarkan oleh Islam. Dibuktikan dengan beberapa hadits mengenai doa menempati rumah baru.

Artinya: “Janganlah membuat rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang dibacakan surah al-Baqarah. (H.R. Muslim)

Setelah membaca doa tinggal di rumah baru Anda bisa melakukan beberapa amalan ketika menempati rumah baru yang dilansir dari situs Hidayatuna.com.

Amalan Menempati Rumah Baru

Membaca doa dan amalan menempati rumah baru sangat perlu untuk terhindar dari hal-hal buruk dan gangguan setan atau jin. Sebab setan atau jin bisa mendiami ruangan dengan rumah. Setan atau jin tidak betah tinggal di rumah jika penghuninya selalu membaca Alquran. Berikut adalah amalan yang bisa anda kerjakan ketika menempati rumah.

Baca Al Baqarah

Saat mulai menempati tempat tinggal yang baru, kita dianjurkan untuk membaca salah satu surat dalam Al-Qur’an yaitu surat Al-Baqarah. Anjuran ini dari Rasulullah untuk di laksanakan oleh umatnya agar rumah tidak seperti pemakaman atau kuburan.

Dengan rutin membaca Al-Qur’an khususnya surat Al-Baqarah menghindarkan rumah kita dari gangguan setan atau jin yang seringkali mengganggu manusia. Suatu riwayat hadits menyebutkan bahwa dengan membaca surat al-baqarah maka akan membuat setan kabur dari rumah baru anda.

Baca Surat Al Mu’minun

Doa untuk rumah baru anda selanjutnya yaitu dengan membaca surat Al-Mu’minun ayat 28 sampai ayat 29. Dalam 2 ayat Surat Al – Mu’minun tersebut dijelaskan mengenai permohonan agar ditempatkan di tempat penuh keberkahan yang diberikan oleh Allah kepada hambaNya. Amalan ini sebaiknya dibaca dengan diawali surat Al-fatihah sejumlah 3 kali. Anda bisa membaca surat Al-Mu’minun ayat 28- 29 setiap pagi dan sore.

Baca Al-Ikhlas

Selanjutnya amalan yang bisa kita baca yaitu itu surat Al-Ikhlas. Seperti yang kita tahu bahwa surat al-ikhlas memiliki banyak sekali keutamaan serta manfaat bagi kehidupan kita. Dengan membaca surat Al-Ikhlas 3 kali maka Allah akan memberi rezeki yang barokah dan luas bagi orang yang membacanya. Amalkan amalan ini baik ketika di dalam rumah atau saat akan memasuki rumah.

Adab Menempati Rumah Baru

Tidak Memasang Foto Makhluk Bernyawa

Sebaiknya hindari memasang foto atau gambar makhluk yang bernyawa seperti lukisan hewan atau manusia. Ada hadits yang mengatakan bahwa setan sangat suka sekali bersembunyi pada lukisan atau gambar makhluk bernyawa.

Selalu Baca Basmallah

Saat memulai aktivitas di dalam rumah maupun luar rumah sebaiknya sikap seorang muslim yang baik adalah selalu membaca basmalah. Allah akan membantu mempermudah segala urusan dan melindungi saat melakukan kegiatan.

Berdoa Saat Masuk dan Keluar Rumah

Islam mengatur segala hal dengan rinci dan teliti termasuk saat masuk dan keluar rumah. Anda bisa membaca doa ketika akan masuk atau keluar rumah supaya selalu dalam lindungan Allah.

Amalkan doa menempati rumah baru serta perhatikan juga adab saat di rumah supaya terhindar dari bahaya dan gangguan setan. Islam sudah mengaturnya, sekarang tugas kita untuk mentaati apa yang sudah diperintahkan oleh Allah melalui syariat Islam. Tulisan artikel mengambil referensi dari website https://hidayatuna.com/

Galeri untuk Amalkan Doa Menempati Rumah Baru Agar Tidak Diganggu Setan

Gambar Gravatar
Website Dakwah Muslimah Menerima Tulisan Dakwah Baik Fiksi maupun Non Fiksi  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *