Contoh Asam Amino Esensial

Anda tentunya sering mendengar bahwa asam amino non esensial dan asam amino esensial sangat penting perannya bagi tubuh. Namun apakah Anda sudah mengetahui contoh asam amino esensial yang dapat Anda temukan dalam keseharian?

Contoh Asam Amino Esensial dalam Kehidupan

Di bawah ini merupakan sembilan dari contoh asam amino esensial yang dapat Anda temukan dengan mudah, yaitu:

  1. Fenilalanin

Sebagai materi untuk membentuk asam amino lain yang juga dibutuhkan dalam tubuh, seperti dopamin dan tirosin. Fenilalanin dapat berasal dari makanan seperti daging sapi, telur, seafood, kacang-kacangan dan biji-bijian.

  1. Histidin

Berperan dalam perkembangan dan pemeliharaan jaringan-jaringan tubuh, termasuk jaringan saraf. Oleh karena itu histidin sangat dibutuh untuk tubuh, terutama bagi anak-anak. Makanan yang memiliki histidin adalah kacang merah, ikan kod, dan daging ayam.

  1. Isoleusin

Memiliki fungsi untuk membangun otot, meningkatkan daya tahan tubuh, memproduksi hemoglobin, serta mengatur kadar energi dalam tubuh. Makanan yang mengandung isoleusin yaitu telur, susu dan berbagai produk olahan susu.

  1. Leusin

Senyawa ini dapat meningkatkan kekuatan otot dan memproduksi hormon pertumbuhan yang baik untuk anak-anak. Leusin juga dapat membantu proses penyembuhan luka hingga mengatur kadar gula darah. Senyawa ini dapat banyak terdapat dalam telur, buncis, kedelai dan kacang-kacangan.

  1. Lisin

Memproduksi berbagai protein yang berperan membentuk jaringan tubuh, enzim, hormon dan antibodi. Contoh asam amino esensial ini dalam telur, seafood, daging sapi, daging ayam, susu dan produk olahan susu.

  1. Metionin

Berfungsi membantu metabolisme dan detoks dalam tubuh, menyerap zinc dan selenium. Mudah ditemukan dalam putih telur, ikan, dan daging.

  1. Treonin

Meningkatkan kesehatan jantung dan hati, mempertahankan kekebalan tubuh dan meningkatkan sistem saraf pusat. Terdapat dalam ikan nila, ikan tuna, putih telur, kalkun, kedelai.

  1. Triptofan

Senyawa ini memproduksi serotonin dalam tubuh yang berfungsi mengatur nafsu makan, suasana hati, rasa nyeri dan tidur. Triptofan ada di dalam cokelat, kacang-kacangan, biji-bijian, olahan kedelai, daging ayam, dan ikan.

  1. Valin

Merangsang hormon pertumbuhan dan memperbaiki kerusakan otot, menyuplai energi bagi tubuh. Makanan yang mengandung valin yaitu telur terutama bagian putihnya, serta susu dan produk olahan susu.

Ternyata banyak sekali contoh asam amino esensial yang dekat dengan keseharian. Oleh karena itu jangan lupa untuk memakan makanan-makanan di atas untuk memenuhinya ya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.