Asam Amino Untuk Tanaman

Asam Amino Untuk Tanaman

Asam amino merupakan suatu senyawa yang tidak hanya dibutuhkan oleh tubuh manusia namun juga makhluk hidup lain seperti tanaman. Umumnya tanaman dapat mensintesis asam amino sendiri. Proses ini diproduksi melalui bahan dasar oksigen, hydrogen, karbon dan nitrogen. Lalu apa saja manfaat asam amino untuk tanaman? Inilah ulasan selengkapnya!

Fungsi Utama Asam Amino Untuk Tanaman

Asam amino pada dasarnya merupakan bahan dasar biosintesis. Secara umum nutrisi ini memiliki 20 jenis. Beberapa penelitian menyebutkan jika asam amino dapat mempengaruhi kegiatan fisiologi tanaman. Berikut ini merupakan beberapa manfaat asam amino pada tanaman secara spesifik:

Meningkatkan Kandungan Zat Hijau Tumbuhan(Klorofil)

Pemberian asam amino mampu meningkatkan kandungan klorofil. Sehingga laju fotosintesis lebih besar. Sebab fotosintesis yang rendah mengakibatkan berkurangnya fotosintat. Adanya zat hijau ini sangat penting untuk proses fotosintesis. Dengan begitu perkembangan tumbuhan akan semakin baik.

Mengatur Proses Pembukaan Stomata

Stomata penting sebagai regulasi keseimbangan kelembaban tanaman. Serta membantu pengangkutan nutrisi bagi tanaman. Asam amino akan berperan membuka stomata lebih lama. Sehingga tersusun peningkatan metabolisme tanaman.

Menurunkan Tingkat Stress Lingkungan

Suhu tinggi, kekeringan, banjir dan serangan hama  menimbulkan kondisi stress pada tanaman. Tidak hanya itu, fitotoksik akibat pestisida juga menyebabkan efek negative pada metabolisme tanaman. Hal ini  juga berdampak pada penurunan kualitas serta kuantitas tanaman. Pengaplikasian asam amino berdampak baik bagi fisiolagi tanaman.

Sebagai Hormon Pengatur Tumbuh Tanaman

Asam amino dapat berupa senyawa zat pengatur tumbuh. Sehingga hormon tanaman seperti giberelin, sitokinin serta hormon terkait membentuk bunga yang diproduksi dari sintesis asam amino. Proses tersebut dibantu dengan prekusor-prekusor. Contohnya saja metionin sebagai prekusor etilen atau triptofan sebagai prekusor auksin.

Selain beberapa manfaat di atas, asam amino juga dapat meningkatkan aktivitas mikroba tanah. Siklus hara akan berjalan baik jika ketersediaan nutrisi tanaman meningkat. Manfaat dari nutrisi asam amino ini sangat bervariatif. Tidak hanya baik bagi tubuh manusia, ternyata manfaat asam amino untuk tanaman tidak kalah besar.</strong>

 

Galeri untuk Asam Amino Untuk Tanaman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.