Cara Iklan di Google Ads Mudah untuk Pemula

Cara Iklan di Google Ads

Cara iklan di Google Ads berikut ini akan sangat berguna bagi kamu yang ingin memasang iklan di Google Ads. Google sendiri memang menyediakan layanan iklan yang bisa terjangkau harganya untuk semua orang. Termasuk untuk bisnis usaha menengah ke bawah.

Meski begitu jangkauan dari iklan Google Ads terbilang sangat luas. kamu bahkan bisa menentukan jangkauan iklan sesuai dengan keinginan.

Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Menggunakan Iklan Google Ads

Untuk memasang iklan di Google Ads versi Markas Ads, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, seperti berikut ini:

Menentukan Tujuan Iklan

Dengan menentukan tujuan iklan maka kamu bisa memaksimalkan penayangan iklan. Dan mendapatkan hasil yang kamu inginkan. Di sini kamu bisa mengatur tujuan iklan untuk memperoleh banyak panggilan telepon atau untuk meningkatkan traffic website.

Lokasi Penempatan Iklan

Di sini kamu juga bisa memiliki lokasi penampilan iklan. Termasuk juga dalam radius tertentu yang berhubungan dengan tempat bisnis kamu. Atau kamu juga bisa menjangkau seluruh negara secara world wide jika kamu ingin punya bisnis dengan jangkauan yang luas.

Melakukan Riset Keyword

Riset keyword bertujuan untuk mempermudah orang orang menemukan iklan dan mengkliknya. Sehingga kamu juga harus menggunakan kata kunci yang sesuai dengan bisnis serta memiliki jangkauan yang luas.

Menentukan Anggaran Biaya

Di sini kamu juga bisa menentukan sendiri besaran biaya yang ingin kamu gunakan untuk memasang iklan. Kamu bisa menentukannya dengan melihat ketersediaan anggaran, kapasita bisnis hingga profit yang kamu inginkan.

Setidaknya kamu bisa membayar Rp. 100 ribu untuk memasang iklan dalam 1 hari dan Rp. 3 juta untuk memasang iklan dalam 30 hari.

Cara Iklan di Google Ads Mudah untuk Pemula

Setelah mengetahui apa saja yang harus kamu perhatikan sebelum memasang iklan di Google Ads, maka berikut ini adalah cara yang bisa kamu gunakan untuk memasang iklan di Google Ads:

  1. Buka Google Ads dengan mengunjungi laman Google Ads kemudian klik Mulai Sekarang.
  2. Selanjutnya kamu bisa memasukkan tujuan campaign yang sudah tersedia. Seperti meningkatkan penjualan produk, meningkatkan traffic website hingga meningkatkan jumlah klien dan lain sebagainya.
  3. Berikutnya kamu bisa memilih jenis tampilan Google Ads lalu klik Continue.
  4. Kemudian pilih target lokasi dan juga bahasa yang ingin kamu gunakan.
  5. Lanjut dengan menentukan target audiens untuk membuat iklan lebih spesifik.
  6. Google memiliki kelebihan bagi pengguna agar bisa menentukan anggaran iklan kamu sendiri. Agar biaya iklan sesuai dengan kantong, di sini kamu bisa menentukan anggaran iklan bisa menggunakan harian atau bulanan.
  7. Langkah yang harus kamu lakukan berikutnya adalah dengan menentukan Bidding atau harga yang harus kamu keluarkan untuk harga sekali klik. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.
  8. Berikutnya, kamu bisa menambahkan informasi terkait bisnis untuk meningkatkan jumlah klik. Seperti menambahkan akun media sosial, nomor telpon hingga alamat perusahaan. Lalu klik Save and Continue.
  9. Masukkan kata beberapa kata kunci yang relevan untuk bisnis kamu lalu klik tombol Save and Continue untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.
  10. Kemudian isi beberapa kolom yang sudah tersedia dengan membuat judul iklan dan deskripsi iklan lalu Save and Continue dan lanjut ke langkah berikutnya.
  11. Berikutnya kamu harus memasukkan detail penagihan pembayaran dengan cara mengisi beberapa informasi seperti negara dan Zona Waktu. Lalu masukkan juga Info Pelanggan dan Metode Pembayaran. Selesaikan dengan centang persetujuan.

Jika semua langkah dan cara iklan di Google Ads maka proses pun akan selesai dan iklan akan muncul pada tahap review oleh tim Google. Iklan pun akan berhasil tayang jika sudah mendapatkan verifikasi dari pihak Google.

Galeri untuk Cara Iklan di Google Ads Mudah untuk Pemula