Astaghfirullah Hal Adzim Tulisan Arab

3.771 views

Tips Efektif Meminimalisir Biaya untuk Renovasi Rumah

Astaghfirullah Hal Adzim Tulisan Arab. Astaghfirullah Hal Adzim Tulisan Arab artinya adalah “Aku mohon ampun kepada Allah yang maha agung”. Ini adalah doa dzikir untuk meminta ampun atas semua kesalahan dan dosa yang dilakukan setiap hari atau ketika bertaubat.

الْعَظِیْمَ اَللّهَ اَسْتَغْفِرُ = Saya mohon ampun kepada Allah yang maha agung

Lafadz Astaghfirullah Hal Adzim juga disebut dengan kalimat Istighfar yang biasa diucapkan umat Muslim ketika sadar telah melakukan kesalahan. Kemudian meminta ampun kepada Allah atas semua kesalahan yang telah dilakukan, baik yang disengaja ataupun yang tidak disengaja.

Kalimat Istighfar ini sangat dianjurkan untuk diucapkan setiap Muslim sebanyak-banyaknya setiap hari agar dosa-dosanya diampuni Allah. Hal ini karena setiap hari kita sering melakukan dosa tanpa disadari, baik itu melalui ucapan, perbuatan, mata atau melalui panca indera lainnya.

Dalam kehidupan sehari-hari kadang sahabat Kartun Muslimah lupa untuk mengingat nama Allah terutama untuk bersyukur telah diberikan hidup sampai saat ini. Selama kita masih bisa bernafas dan menikmati kehidupan ini dalam keadaan sehat jasmani dan rohani adalah rizqi dan karunia yang luar biasa.

Selama kita masih hidup, potensi untuk melakukan dosa juga sangat besar dan kita harus bisa mengendalikan diri agar tidak melakukan perbuatan maksiat. Karena itulah kita harus selalu melakukan introspeksi diri dan berdzikir mengucapkan kalimat Astaghfirullah Hal Adzim.

Jika kita sering mengucapkan kalimat Istighfar, maka Allah akan mengampuni semua dosa yang telah kita lakukan dan akan memberi hidayah. Selain itu sebagai sarana untuk pasrah kepada Allah untuk meningkatkan ketaqwaan serta menguatkan keimanan kita kepada Allah SWT.

Kalimat istighfar atau Astaghfirullah Hal Adzim tulisan Arab terdiri dari 3 jenis suku kata yaitu: Astaghfir-Allah-Adzim. Kata Astaghfir berasal dari akar kata Ghofaro yang artinya mengampuni dan kata aslinya berasal dari wazan Istaghfaro-Yastaghfiru-Istighfaraan-Istaghfir.

Terjadi perubahan penggunaan kata dari kata Istighfar menjadi Astaghfir karena untuk menghasilkan arti yang berbeda. Kata Istighfar artinya “memohon ampun”, sedangkan tujuan perubahan itu untuk merubah makna dan kata Astaghfir artinya adalah “Saya mohon ampun”.

Hal ini karena kata Astaghfir akan diucapkan seorang hamba kepada Tuhannya agar tidak terjadi kesalahan dalam penggunaan kata. Tata bahasa Arab memang sangat detail agar dalam penyampaian kalimat tidak terjadi salah paham ataupun kesalahan dalam bentuk kosa kata.

Mungkin karena hal inilah, Allah memilih bahasa Arab sebagai bahasa Al Qur’an agar tidak terjadi kesalahan kata dalam penyampaian informasi. Bahasa Arab memang kaya karena dari satu kata bisa dikembangkan dalam beberapa kata dan dengan makna serta arti yeng berbeda.

Sedangkan kata Adzim adalah sifat Allah yang artinya maha agung diatas segalanya dan keagungan Allah tidak dapat dijangkau oleh akal manusia. Keagungan Allah hanya bisa disentuh oleh kasih sayang kita sebagai hamba dengan memperbanyak kalimat Istighfar kepada Allah.

Mungkin hal inilah yang membuat Rosulullah memilih kata Adzim yang diletakkan setelah kalimat Istighfar dan tidak memilih kata lain. Rosullullah pasti memiliki pesan pada penggunaan kata tersebut karena pada dasarnya kalimat hadist tersebut menggunakan bahasa sastra.

Jika kita tidak menguasai keahlian dalam ilmu sastra, maka akan sulit untuk menafsirkan atau mentadabburi setiap kalimat Hadist. Kalimat Astaghfirullah Hal Adzim tulisan Arab juga merupakan bentuk sastra Arab dan salah satu hadist yang diriwayatkan At Tirmidzi/ Al Albani.

Manfaat Kalimat Astaghfirullah Hal Adzim

  1. Menambah Ketaqwaan Kepada Allah

Memperbanyak berdzikir dengan mengucapkan kalimat Astaghfirullah Hal Adzim merupakan bentuk ketaqwaan kita kepada Allah. Hal ini karena banyak sekali ayat Al Qur’an yang menganjurkan untuk selalu berdzikir kepada Allah seperti S.Al Anfal 33 dan S.An Naml 46.

  1. Dosa-dosa akan diampuni

Hanya dengan berdzikir maka dosa-dosa yang telah kita perbuat akan diampuni Allah SWT dan hanya dengan bertaubat. Allah memiliki sifat maha pengampun dan jika hambanya mau bertaubat dan meminta ampun walaupun membawa banyak dosa, ampunan Allah lebih besar.

  1. Iman Menjadi Lebih Kuat

Dengan memperbanyak kalimat dzikir, maka kualitas iman akan semakin bertambah kuat dan tidak mudah menerima godaan Syetan. Faktor yang membuat iman menjadi tebal adalah jika kita istiqomah untuk berdzikir terutama mengucapkan kalimat Istighfar agar dosa kita bisa diampuni.

  1. Sarana Mendekatkan Diri Kepada Allah

Jika kita mau berserah diri dan selalu berdzikir, maka Allah semakin dekat sehingga Syetan tidak berani untuk menggoda. Tentu saja jika semakin dekat kepada Allah, maka Dia akan menjamin dan mencukupi semua kebutuhan hidup didunia serta keselamatan diakhirat nanti.

  1. Terjaga dari Perbuatan Maksiat

Semakin sering kita melakukan Istighfar, maka Allah akan selalu melindungi agar terhindar dari bahaya atau adzab serta terjaga dari perbuatan maksiat. Faktor yang menyebabkan manusia masih berbuat maksiat karena sudah semakin jauh untuk mengingat dan berdzikir kepada Allah.

  1. Memudahkan Segala Urusan di Dunia

Allah akan memberi petunjuk kepada hambanya yang selalu berdzikir sehingga segala urusan di dunia akan dimudahkan. Sebagai umat Muslim yang baik akan lebih afdhol jika selalu berdzikir dengan lafadz Astaghfirullah Hal Adzim tulisan Arab dijadikan kalimat dzikir setiap saat.

Mengapa Harus Berdzikir Setiap Saat

Rosulullah menganjurkan agar umatnya selalu mengucapkan dzikir dengan kalimat Istighfar setiap saat agar selalu ingat kepada Allah. Hal ini karena selama kita masih hidup, maka syetan akan selalu datang untuk menggoda manusia dan berbisik serta mengajak untuk berbuat maksiat.

Syetan tidak bisa mendekati umat Muslim yang selalu berdzikir dan senantiasa menyebut nama Allah setiap saat. Syetan akan merasa putus asa kepada orang yang dari mulutnya mengucapkan nama Allah dan tidak henti-hentinya selalu memuji dan minta ampunan kepada Allah.

Kita tidak akan pernah tahu kapan waktunya Allah akan menurunkan ampunan dan rahmatNya sehingga kita harus berdzikir setiap saat. Kita hanya perlu menunggu dengan selalu berdzikir setiap saat untuk menyambut rahmat dan ampunan Allah sehingga hal itu tidak akan terlewatkan.

Allah selalu menguji kesabaran hambanya dengan berbagai macam cobaan agar mentalnya senantiasa bisa bersabar dan bertaqwa kepada Allah.  Selain Allah juga ingin tahu seberapa besar hamba-Nya bisa bertahan dengan segala ujian dan tetap berdzikir dan tidak pernah mengeluh.

Karena hanya dengan lulus dari segala ujian, maka derajat kita akan dinaikkan oleh Allah sehingga diletakkan di tempat yang lebih baik. Selain itu bisa dimasukkan dalam golongan orang-orang yang dicintai Allah serta mendapatkan surga yang tinggi bersama Rosulullah.

Jika kita sudah tahu betapa besar manfaatnya jika kita selalu berdzikir dengan mengucapkan kalimat Istighfar atau Astaghfirullah Hal Adzim tulisan Arab. Tentu saja kita tidak akan menyia-nyiakan hidup untuk hal yang tidak berguna dan menggunakannya untuk beristighfar. Amati bagaimana orang-orang sholeh sholehah terdahulu berdzikir, seperti Sejarah Nabi Isa.

Gambar Gravatar
Website Dakwah Muslimah Menerima Tulisan Dakwah Baik Fiksi maupun Non Fiksi  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *