Kolam Renang bagi Seorang Muslimah, Bagaimana Idealnya?

51 views

Kolam Renang Muslimah Baru

Memilih jasa kontraktor kolam renang muslim harus benar-benar cermat. Ada beberapa hal yang membedakan kolam renang umum dan kolam renang muslim. Kolam renang umum bisa saja dibuat di luar atau di dalam ruangan. Sesuai dengan desain dan ketersediaan lahan untuk kolam renang. Kolam renang muslim umumnya dibuat cukup tertutup. Akses masuknya betul-betul diperhatikan dan terpisah berdasarkan gender.

Tidak hanya masalah model dan desain. Tetapi yang paling penting adalah privasi. Banyak alasan orang menggunakan kolam renang. Bisa jadi karena untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, untuk berolahraga, atau untuk terapi kesehatan. Walaupun bisa dilakukan di kolam renang biasa, tetapi pemilihan kolam renang muslim mungkin karena pertimbangan tersendiri.

Kolam renang biasa bisa dibuat dengan memaksimalkan lahan yang dimiliki. Indoor lebih disukai baik oleh pengguna maupun pengelola kolam renang. Pembagian kolam berdasarkan kategori usia. Kedalaman kolam disesuaikan dengan tinggi badan demi keamanan. Untuk anak-anak bisa menggunakan kolam dengan kedalaman dibawah 90 cm. Untuk remaja, orang dewasa dan orang tua disediakan kolam dengan kedalaman bervariasi mulai dari 1 meter. Apa bedanya dengan kolam renang muslim?

Kolam Renang Khusus Muslim

Kolam renang muslim harus memperhatikan aspek dari sisi islami. Tidak boleh berbaur antara pria dan wanita. Pemisahan kolam berdasakan gender. Dibuat terpisah antara kolam untuk pria dan wanita. Untuk menjaga privasi dan keleluasaan aktifitas berenang. Meskipun untuk wanita muslim kebanyakan sudah memakai baju renang khusus muslimah. Tetapi bagi sebagian orang mungkin memakai baju renang biasa yang masih menampakkan sebagian anggota tubuh.

Untuk pria sendiri juga lebih menjaga keleluasaan karena area berenang aman dari orang yang dianggap bukan muhrim. Yaitu orang-orang yang tidak diperbolehkan melihat sebagian anggota tubuh yang tidak ditutupi pakaian. Selain itu juga sarana untuk menjaga pandangan, agar tidak menimbulkan syahwat. Sehingga akses masuk dan lokasi kolam renang harus terpisang antara wanita dan pria.

Ruang ganti harus representatif. Kebersihan area ganti harus sangat diperhatikan benar-benar terbebas dari najis. Ketersediaan dan aliran air bersih yang lancar. Ruang yang tertutup dan sangat privasi bagi setiap pengguna. Memberikan kemudahan untuk ibu yang membawa serta anak kecil. Yang biasanya cukup ribet ketika membilas dan berganti pakaian.

Fasilitas ibadah yang memadai. Aktifitasa berenang umumnya dilakukan dihari libur sebagai alternatif untuk quality time bersama orang-orang tercinta. Ada kalanya mendekati atau melewati waktu sholat. Dengan ketersediaan mushola di sekitar area kolam renang akan sangat membantu kenyamanan berenang dan ibadah. Tidak perlu buru-buru menyudahi aktifitas berenang untuk mencari tempat ibadah di luar.

Pilih perusahaan penyedia jasa kontraktor yang legalitasnya jelas

Membuat kolam renang yang sesuai untuk muslim, sama seperti prinsip membuat kolam pada umumnya. Perlu sekali memperhatikan legalitas penyedia jasa kontraktor kolam renang. Legalitas adalah salah satu hal yang bisa digunakan untuk mengetahui kredibilitas dan kualitas dari perusahaan. Pilihlah yang memang sudah mempunyai ijin resmi usaha. Sehingga segala aktifitas perusahaan bisa dipertanggungjawabkan.

Cari tahu lokasi tepat kantornya. Perusahaan yang legal tentu mempunyai kantor tetap. Sebagai fasilitas para calon klien untuk melakukan konsultasi secara langsung. Dan menghubungi kembali ketika terjadi sesuatu yang tidak sesuai dengan kontrak. Nomor telepon, alamat email untuk mempermudah komunikasi juga perlu ditanyakan.

Perusahaan yang bagus tentu akan mempunyai akses komunikasi yang mudah bagi masyarakat. Di era digital seperti saat ini umumnya perusahaan besar mempunyai website yang bisa dengan mudah ditemukan. Secara transparan menjelaskan tentang profil perusahaan, bidang keahlian, portofolio dan kontak yang bisa dihubungi untuk konsultasi.

Perusahaan yang sudah berpengalaman memberikan jasa kontraktor kolam renang

Pengalaman perusahaan bisa diketahui dari website. Carilah informasi secara mandiri mengenai perusahaan penyedia jasa. Dimana saja, apa saja tipe kolam renang yang pernah dikerjakan. Jika memungkinkan carilah review dari klien sebelumnya melalui website perusahaan yang ada. Biasanya klien akan memberikan catatan tentang hasil dari jasa yang sudah diberikan.

Tanyakan langsung melalui kontak yang ada. Bisa lewat email atau telepon. Desain dan tipe kolam renang apa yang sudah pernah dikerjakan. Dengan berinteraksi langsung, Anda akan dapat mengetahui sejauh mana profesionalitas perusahaan yang tercermin dari informasi yang diberikan.

Anda juga bisa secara langsung mendatangi kantor perusahaan yang bersangkutan. Anda bisa melihat bagaimana kondisi kantor tersebut sebagai representatif aktifitasnya. Sekaligus Anda bisa meminta contoh desain dan hasil kolam renang yang pernah dikerjakan. Bisa melalui sketsa atau foto dari kolam renang yang sudah jadi. Perusahaan tersebut tentu akan senang memberikan gambaran yang jelas kepada calon klien.

Tidak ada salahnya mencari rekomendasi. Kolam renang muslim sudah banyak terdapat di kota-kota di Indonesia. Tentu tidak sulit menemukan kontraktor yang sudah berpengalaman dalam pembangunan kolam renang muslim. Ketika Anda menggunakan kolam renang muslim yang ada di kota Anda, cobalah tanyakan kepada pengelola atau owner. Mengenai desain, pembangunan, dan kontraktor kolam renang yang digunakan.

Harga Sesuai dengan Kualitas

Memilih jasa kontraktor kolam renang ada baiknya disesuaikan dengan harga. Perlu melakukan riset di pasaran mengenai harga yang pantas untuk suatu proyek kolam renang muslim. Berdasar lokasi pembangunan, ukuran kolam, kelengkapan fasilitas dan lainnya. Anda bisa menghitung secara kasar perkiraan kebutuhan bahan bangunan, dengan mencari info secara online. Kondisikan dengan kenaikan harga tiap tahunnya.

Jangan hanya tergiur harga murah dengan iming-iming diskon dan sebagainya. Dari perhitungan yang Anda buat tentu akan didapatkan harga yang realistis menurut Anda. Jika menurut Anda tawaran dari kontraktor terlalu jauh dibawah perkiraan Anda, perlu dipertimbangkan kembali menggunakan jasanya. Mungkin bahan bangunan yang digunakan kurang berkualitas, mungkin waktu pengerjaan yang lama dan sebagainya.

Biaya yang dikeluarkan untuk membangun fasilitas kolam renang adalah investasi. Jadi pertimbangkan kualitas kolam renang tersebut. Ketahanan bangunan, desain yang bagus dan cocok untuk muslim dan muslimah. Fasilitas yang nyaman, akses dari jalan utama yang mudah dan sebagainya. Kualitas ini nantinya akn menjadi nilai jual, menarik orang untuk menggunakan kolam renang.

Membangun kolam renang umum maupun khusus muslim sudah tentu membutuhkan dana yang besar. Biaya yang dibebankan meliputi bahan bangunan, desain, fasilitas seperti loker dan ruang ganti, kemudian fasilitas ibadah dan lainnya, dan fee jasa kontraktor. Kontraktor yang sudah berpengalaman umumnya lebih mahal. Hal ini perlu dimaklumi sebagai sesuatu yang wajar. Karena ada harga sudah pasti ada kualitas juga. Itu selalu sebanding lurus.

Semua pertimbangan memilih kontraktor bisa langsung dikonsultasikan kepada perusahaan pilihan. Carilah lebih dari 1 alternatif perusahaan sebagai perbandingan. Piliih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan biaya yang dikerluarkan. Demikianlah tips memilih jasa kontraktor Jogja yang bisa dijadikan pertimbangan.

 

Gambar Gravatar
Website Dakwah Muslimah Menerima Tulisan Dakwah Baik Fiksi maupun Non Fiksi  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *