10 Pentingnya Belajar Bahasa Inggris bagi Muslimah

186 views

Kursus Bahasa Inggris Pare

Pernah ada aggapan bahwa belajar apapun yang berhubungan dengan orang ahlul kitab adalah haram. Namun, hal tersebut bisa dipatahkan mengingat zaman telah berubah dan masyarakat mempelajarinya untuk kebaikan termasuk pentingnya Bahasa Inggris bagi Muslimah.

Beberapa Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris

Fatwa-fatwa demikian jatuhnya bukan semakin membuka pikiran umat Muslimah terhadap dunia. Sehingga, mereka dapat tahu mana yang boleh dan tidak, tetapi malah bisa sebaliknya. Menutup sudut pandang kepada segala hal. Berikut adalah alasan kenapa mempelajari Bahasa Inggris penting.

Ilmu Pengetahuan

Ilmu pengetahuan itu luas, tidak ada batasannya. Boleh saja Anda mengetahui apapun selama itu bermanfaat dan tidak mengganggu keimanan, Bahasa Inggris contohnya. Tidak ada halangan bagi setiap Muslimah untuk mempelajarinya.

Sekarang, banyak aspek kehidupan memakai bahasa Inggris pada prakteknya. Dari mulai hal menyangkut bisnis, menjalankan komputer dan teknologi lain, tugas pemerintahan, bahkan penyampaian pelajaran kepada anak-anak dalam dunia pendidikan.

Maka dari itu, semakin menguasai suatu bahasa asing, dalam hal ini Inggris akan dapat meningkatkan jenjang karir serta pola pikir umat Muslimah. Juga dapat menjadikan Anda lebih banyak mengetahui informasi penting dunia luar.

Salah Satu Kunci Majunya Pendidikan

Ada sebuah pernyataan yang begitu terkenal, yakni banyak sekali permasalahan telah dihadapi kaum Muslimah, salah satunya pendidikan. Karena masa depan agama ini ada pada bagaimana cara menjawab serta menyelesaikan tantangan tersebut.

Ada benarnya, dimana pentingnya bahasa Inggris bagi Muslimah dapat menjadi salah satu kunci untuk memecahkan problem ini. Dengan bekal yang telah dimiliki, bukan tidak mungkin umat agama ini bisa lebih maju dalam pendidikan.

Tidak semua buku berisi ilmu pengetahuan ditulis dalam aksara Arab. Adapun kitab-kitab dari ilmuwan Muslimah terdahulu yang diterjemahkan kedalam bahasa Inggris sebab masa kejatuhan peradaban Islam. Untuk mempelajarinya pun tentu harus paham pengantarnya.

Media Komunikasi dan Dakwah

Seperti yang telah diserukan para pendakwah terdahulu, Islam merupakan agama rahmatan lil alamin. Pemeluknya dari berbagai lapisan masyarakat, tingkat kedudukan, hingga negara. Tidak jarang banyak orang Barat menjadi Muslimah juga.

Semakin pesatnya pertumbuhan Islam di Barat, bukan tidak mungkin untuk berkomunikasi dengan mereka harus berbahasa Arab. Tentu, belum mengena hati karena dalam kehidupan sehari-hari memakai Bahasa Inggris.

Kursus Bahasa Inggris Pare bisa menjadi salah satu cara untuk mempelajarinya. Apabila sudah mahir, bisa digunakan juga dalam media berdakwah agar Islam semakin menyebar dan dikenal masyarakat luas di sana.

Sarana Bertukar Informasi

Semakin hari, media semakin berkembang. Masyarakat Muslimah pun tidak hanya hidup di satu negara. Keberadaannya sudah menyebar. Banyak dari mereka berbagi informasi lewat internet. Hal ini tentu harus memakai bahasa Internasional.

Kedudukan bahasa Inggris yang demikian membuat masyarakat Indonesia khususnya, mau atau tidak juga harus belajar. Sehingga bisa bertukar ragam informasi dari mereka yang hidup di belahan bumi bagian Barat.

Untuk menyusun buku maupun jurnal pun, dibutuhkan kemampuan berbahasa Inggris yang mumpuni. Semisal dalam melakukan wawancara serta menggali sumber informasi. Kalau tidak mengetahui dengan bahasa apa mereka berbicara, tentu akan menjadi penghambat.

Agar Tidak Terkena Tipu Muslihat

Rasulullah S.A.W pernah menyuruh Zaid bin Tsabit agar mempelajari kitab Yahudi karena beliau tidak terlalu percaya dengan apa yang kaum tersebut ucapkan terhadap Al-Qur’an. Begitupun ketika datang surat dalam bahasa Siryaniyah.

Karena Zaid bin Tsabit begitu pandai dalam ilmu membaca dan menulis, maka ia mempelajarinya serta menuliskan surat pada Yahudi. Agar tidak terdapat suatu tipu muslihat dari kaum-kaum di luar Islam. Rasulullah S.A.W senang akan hal itu.

Begitupun bagi Anda, mempelajari bahasa Inggris bisa menjadi sarana yang sama. Untuk menghindari tipu muslihat. Suatu hal yang mungkin apabila tidak mengerti apapun, maka akan dengan mudah umat Islam dibohongi.

Bekal Belajar di Negeri Barat

Sama seperti apa yang pernah dikatakan Rasulullah S.A.W, tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina. Maksudnya, carilah pengetahuan sebanyak mungkin dari manapun itu. Karena alasan ini jugalah kenapa mempelajari bahasa Inggris menjadi penting.

Tidak ada batasan bagi Anda yang ingin belajar dimanapun itu. Negeri Barat misalnya, seperti Amerika, Inggris, Jerman, Spanyol, Prancis, Kanada dan lain sebagainya. Kebanyakan dari mereka membuka kelas bagi pendatang baru dengan bahasa Inggris sebagai pengantarnya.

Tanpa dibekali bahasa Inggris, tentu akan menjadi halangan bagi Anda untuk meraih ilmu. Karena memang dengan itulah komunikasi dilakukan setiap hari maupun sebagai pengangan kedua mereka untuk bertutur kata bersama orang lain.

Bekal Mencari Rezeki di Negara Lain

Hampir sama dengan apa yang telah dijelaskan di atas. Dunia pendidikan dan kerja memang tidak terlalu berbeda. Bayangkan saja jika Anda mendapatkan proyek dari luar negeri atau diterima sebagai staff di Kedutaan Besar.

Tentu saja, Bahasa Inggris adalah pegangan pertama dalam menjalani kehidupan sehari-hari semenjak menjadi pijakan dunia Internasional, utamanya saat berkomunikasi. Karena Anda akan selalu dihadapkan dengan orang asing.

Citra buruk akan didapatkan kalau saja Anda tidak memiliki skill berbahasa Inggris yang baik. Para warga negara asing tentu berpikir dua kali saat memulai berkomunikasi karena takut tidak memahami maksud mereka.

Paham Teknologi Terkini

Era globalisasi semakin kompetitif. Pun dunia teknologi juga ikut berkembang pesat. Para pelopor di bidang tersebut selalu menyematkan bahasa Inggris kedalamnya karena mereka memiliki visi untuk dipasarkan secara luas.

Bahasa Inggris dipilih sebagai pengantar dalam berbagai kemajuan teknologi, utamanya dipakai oleh ragam aplikasi dan software. Sehingga, mengharuskan Anda untuk memahaminya kalau memang ingin dijalankan secara mahir.

Mungkin terlihat sangat sepele. Untuk menjalankan sebuah software atau aplikasi saja harus mahir berbahasa Inggris. Karena memang tidak mungkin Anda akan terus menerus membuka kamus saat mengoperasikannya.

Bisa Bergaul dengan Warga Dunia

Ya, hal ini sangat mungkin terjadi. Penggunaan bahasa Inggris begitu luas. Tidak hanya terbatas pada negara yang menggunakannya sebagai media percakapan sehari-hari. Penggunaanya juga bisa sebagai pengantar kedua seperti masyarakat Indonesia.

Islam sama sekali tidak melarang umatnya untuk berteman dengan masyarakat negara apapun serta agama berbeda sekalipun. Selagi semuanya membawa manfaat dan tidak mengganggu hak-hak sesamanya maka dibolehkan.

Dengan begitu, Anda bisa memiliki koneksi lebih luas serta mendapat pengalaman lebih banyak dari mereka. Tenang, selama dilakukan tanpa melanggar norma-norma dalam agama Islam, tentu tidak masalah.

Lebih Bisa Berpikir Rasional

Mempelajari bahasa lain, berarti membuka cabang pikiran baru dalam diri. Karena secara tidak langsung, ketika menanggapi suatu masalah Anda akan mencari jalan keluar dari berbagai sudut pandang. Tidak hanya terbatas pada satu saja.

Dengan mempelajari bahasa Inggris, otak akan dilatih untuk berpikir dan menyimpan segala memori. Tidak hanya soal perbendaharaan kosakata, formula-formula grammar atau pun beragam ekspresi.

Anti bisa belajar bahasa di lembaga kursus bahasa Inggris Pare sekaligus mempelajari budayanya. Dengan begitu, Anda bisa melihat berbagai sudut pandang. Memang, tidak semuanya boleh diterima mentah-mentah dalam Islam, tapi tetap dapat diambil dari sisi baiknya saja.

Pentingnya bahasa Inggris bagi Muslimah kadang menjadi perdebatan tersendiri. Terlepas dari itu, pikirkanlah beragam manfaat apabila mempelajarinya. Rasulullah S.A.W menjadikan hal tersebut sebagai sunnah. Jadi, tidak ada salahnya untuk selalalu belajar.

Galeri untuk 10 Pentingnya Belajar Bahasa Inggris bagi Muslimah

Gambar Gravatar
Website Dakwah Muslimah Menerima Tulisan Dakwah Baik Fiksi maupun Non Fiksi  

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *