Bangga Menjadi Muslimah

48 views

KARTUN MUSLIMAH – Sahabat muslimah, adakah diantara kita yang belum merasakan kebanggaan sebagai seorang muslimah?

Saat teman-teman kita tampil menawan dengan potongan rambut ala artis-artis ternama. Adakah diantara kita yang masih berjalan tak percaya diri karena jilbab yang dikenakannya?

Saat teman-teman  hangout tampil fashionable dengan baju-baju yang lagi ngetren namun mengumbar aurat. Adakah diantara kita yang merasa tak nyaman untuk bergabung karena pakaian muslimah kita yang longgar dan menutup semua aurat kita tak masuk dalam daftar trand fashion tahun ini?

Saat teman-teman kita memiliki banyak teman lelaki baik di dunia maya maupun dunia nyata, adakah kita merasa kuper dan tak gaul karena kita membatasi interaksi dengan lawan jenis?

Jika jawabannya tidak, Alhamdulillah. Jika jawabannya iya, mungkin sahabat muslimah perlu membaca habis tulisan ini. Saya ingin memberi sedikit bocoran ke sahabat muslimah semua, mengapa kita harus bangga menjadi seorang muslimah. (Ssst walaupun ini bocoran jawaban, tapi boleh kok dibagi ke temen-temennya..)
Pakaian Muslimah adalah Tanda Ketinggian Peradaban

Sahabat muslimah, tahukan sahabat bahwa Allah itu indah dan menyukai keindahan? Sehingga apa yang Allah ciptakan selalu memiliki nilai keindahan luar biasa. Salah satu bukti indahnya maha karya Allah adalah penciptaan manusia. Khususnya wanita.

Kamu, ya kamu sahabat muslimah, kita adalah salah satu tanda Maha indahnya Allah. Allah menjadikan setiap bagian dari wanita itu indah. Setiap sisi dari wanita itu menarik. Hmm gak perlukan saya jelasin disini indahnya dimana?

Nah, jika kita mampu mensyukuri nikmat Allah ini, dengan menjaga diri kita sesuai aturan Allah yang menciptakan kita, maka itu akan menjadi kemuliaan bagi kita.

Namun keindahan fisik ini bisa menjadi jalan kehinaan bagi wanita jika kita tak mampu menjaga amanah ini. Keindahan fisik bukan untuk diumbar pada semua orang. Karena itu justru akan mengundang keburukan bagi kita.

Allah menciptakan manusia memiliki akal sementara hewan hanya memiliki insting. Karena hewan tidak memiliki akal maka ia memenuhi kebutuhan hidupnya dengan menggunakan insting. Dan untuk memenuhi kebutuhan seksualnya, hewan menggunakan fisiknya untuk menarik perhatian lawan jenisnya. Tapi memang itulah sunnatullahnya.

Adapun kita manusia, dengan karunia akal dari Allah, kita memiliki cara yang lebih baik utuk memenuhi kebutuhan kita. Dengan akal manusia  mempunyai pilihan untuk menjadi makhluk paling mulia atau justru paling hina.

Maka Maha suci Allah yang membuat aturan bagi seorang wanita untuk menjaga kehormatannya. Yang akan menunjukkan bahwa kita adalah makhluk berperadaban. Salah satunya dengan menutup aurat dengan sempurna.

Tanpa memamerkan keindahan rambut, bersih dan lembutnya kulit, serta indahnya bentuk tubuh, menjadikan seorang muslimah terhindar dari lirikan nakal, colekan genit, hingga pelecehan.

Allah muliakan kita dengan menjadikan diri kita berharga, yang keindahannya tak untuk diobral pada semua orang, yang hanya boleh disentuh oleh lelaki yang menghalalkan diri kita dengan bersaksi dihadapan orangtua kita dan Allah tentunya untuk memuliakan kita.

Sahabat muslimahku, dengan menyadari hal ini, maka menutup aurat dengan sempurna adalah ukuran bahwa kita para wanita sudah menyadari betapa diri kita adalah berharga. Pakaian muslimah yang menutup aurat dengan sempurna adalah tanda ketinggian peradaban manusia. Maka seharusnya kita bangga dengan busana muslimah yang kita kenakan.

Seorang Muslimah Dinilai dari Kualitas Dirinya bukan Fisiknya

Saat wanita sudah menutup auratnya dengan sempurna, maka wanita tidak lagi dinilai dari cantiknya, seksinya, atau daya tarik fisik lainnya.

Seorang muslimah akan dilihat dari kualitas dirinya; dari kepribadiannya; kecerdasannya; karyanya dan tentunya ketaqwaannya pada Allah. Sebagaimana Allah pun tidak melihat kita dari fisik maupun harta, tapi pada hati dan amal.

Sabda Rasulullah “Sesungguhnya Allah tidak melihat bentuk kalian dan tidak pula harta benda kalian, akan tetapi Dia melihat kepada hati dan amalan kalian”.

Sahabat muslimah, beruntunglah kita saat kita dihargai dari kualitas diri. Artinya kita memiliki kesempatan untuk terus memperbaiki diri. Sementara jika kita dinilai dari fisik, mungkinkah kita merubah ciptaan Allah?
Hanya Islam yang memuliakan wanita dengan penghargaan yang tinggi

Nah, untuk yang satu ini kita para muslimah harus banyak bersyukur pada Allah. Cobalah sahabat muslimah pelajari agama-agama lain. Manakah agama yang memuliakan wanita sebaik Islam memuliakan muslimah?
Ini nih beberapa contoh yang membuktikan betapa Islam sangat memuliakan wanita.

Pertama, Allah memuliakan wanita dengan perannya sebagai ibu. Sebuah hadis yang sangat kita hafal, Rasulullah mengatakan bahwa “surga dibawah telapak kaki ibu”. Ridho ibu menjadi jalan surga bagi seorang muslim/muslimah.

Kedua, Allah muliakan wanita melalui perannya sebagai istri. Nabi kita  yang muliabersabda:

“Sebaik-baik orang di antara kalian adalah yang paling baik terhadap istrinya dan aku adalah orang yang paling baik di antara kalian terhadap istriku”.

Dalam hadis ini Rasulullah menjadikan ukuran baiknya seorang laki-laki adalah dari bagaimana sikapnya memperlakukan istrinya.

Ketiga, saat di zaman jahiliyah dulu memiliki anak perempuan adalah aib besar, dengan islam Allah tinggikan derajat wanita dengan berbagai keutamaan. Salah satunya sabda nabi tentang mengasuh anak perempuan,

“Barangsiapa yang mengayomi dua anak perempuan hingga dewasa maka ia akan datang pada hari kiamat bersamaku”.

Hadis ini menjelaskan tentang keutamaan berbuat baik kepada anak perempuan, memberi nafkah kepada mereka, dan bersabar mengurus urusan mereka. Kita sebagai anak perempuan dari orang tua kita bisa menjadi jalan surga bagi kedua orang tua kita. Subhanallah.

Sahabat muslimah, dengan menyadari semua ini, masih adakah alasan bagi kita untuk tak bangga dan bersyukur menjadi seorang muslimah?

Gallery for Bangga Menjadi Muslimah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *