Masha Allah! Daftar Wisata Kuliner Legendaris di Semarang Ini Dijamin Bikin Ngiler

168 views

Daftar Wisata Kuliner Legendaris di Semarang Ini Dijamin Bikin Ngiler

Tahukah sahabat Kartun Muslimah bahwa kota Semarang merupakan salah satu pusatnya kuliner di Indonesia? Bahkan, di tahun 2015 yang lalu, pihak Kementerian Pariwisata sudah menetapkan bahwa kota ini menjadi salah satu tempat wisata kuliner yang paling unggul. Ada banyak makanan khas yang memiliki cita rasa lezat didalamnya. Sehingga, hal ini mampu menarik minat para wisatawan yang datang ke Semarang.

Tak heran bila kemudian kini banyak wisatawan seringkali menjadikan wisata kuliner sebagai kegiatan yang harus dilakukan ketika sedang berlibur ke Semarang. Karena ada banyak pilihan kuliner yang tersedia disana. Salah satu jenis kuliner yang paling dicari adalah wisata kuliner legendaris. Karena cita rasanya tak bisa tergantikan. Berikut ini adalah daftar wisata kuliner legendaris yang ada di Semarang, antara lain:

Daftar Wisata Kuliner Legendaris di Semarang

Mie Siang Kie

mie siang kie

Untuk pecinta mie, Anda harus datang ke tempat ini. Yaitu, di gang Lombok, nomor 10, di kawasan Pecinan Semarang. Kedai mie ini ternyata sudah berdiri sejak penjajahan zaman Belanda. Sehingga, tak heran bila sajian mie ini selalu dilengkapi dengan daging olahan dari babi. Lebih menariknya lagi adalah, ternyata meskipun tempatnya sederhana, namun kedai ini selalu ramai pengunjung dari warga lokal dan wisatawan.

Salah satu menu bakmi yang paling populer disini adalah Mie Siang Kie atau disebut juga dengan mie pangsit rebus. Setiap porsinya berisi mie, lengkap dengan telur dadar disuwir, potongan ayam, kekian seperti dim sum, dan juga pangsit rebus. Kemudian, tak lupa pula ditambahkan dengan kuah kaldu. Sehingga, rasanya tak perlu diragukan lagi. Bahkan, rasanya masih bertahan sejak puluhan tahun silam.

Kampung Laut

Destinasi wisata kuliner lainnya yang patut dikunjungi ketika di Semarang adalah Kampung Laut. Tempat ini cocok sekali dikunjungi untuk pecinta sea food. Karena disinilah Anda akan menemukan berbagai macam hidangan laut dari ikan segar. Sehingga, dijamin para pengunjung pasti akan selalu datang kembali. Terlebih setiap porsinya selalu disajikan dalam porsi besar. Sehingga, hal ini membuatnya cocok sekali disantap bersama teman-teman dan keluarga.

Untuk letaknya sendiri ada di Jl Anjasmoro, di Tawang Mas. Di tempat wisata kuliner ini menggunakan konsep pedesaan. Sehingga, hal ini membuatnya dilengkapi dengan banyak saung dari bambu yang kemudian dibangun tepat di atas air. Nuansa yang khas seperti inilah membuat destinasi wisata kuliner ini selalu ramai pengunjung. Karena mereka ingin menikmati sajian masakan laut dengan suasana yang unik. Karena tidak hanya tempat makan saja, disini juga ada taman bermain dan tempat pemancingan ikan.

Restoran Pesta Keboen

Restoran Pesta Keboen

Untuk menikmati sajian kuliner tradisional yang legendaris itu tidak harus selalu ditemukan di pinggir jalan atau di pasa. Bahkan, Anda juga bisa menemukannya di Restoran Pesta Keboen. Disinilah Anda bisa mencoba berbagai macam menu khas Belanda dan Indonesia. Ada gudeg, nasi pegel, sup kacang merah, lumpia, leker, nasi uduk khas Betawi, macaroni schotel, dll. Setiap orang yang berkunjung akan diberikan keripik singkong dan jamu beras kencur.

Sementara itu, untuk lokasinya sendiri berada di Jl Veteran nomor 29. Destinasi wisata kuliner ini patut dicoba. Karena letaknya berada di rumah kuno peninggalan dari zaman Belanda. Sehingga, hal ini membuat restoran ini semakin unik. Bahkan, Anda bisa menikmati nuansa khas tempo doloe ketika berkunjung ke tempat ini. Karena selain ada sajian makanan yang khas, disetiap sudut ruangannya ada barang antik. Selain itu, disini juga tersedia live music yang akan menemani para pengunjung dalam menikmati kulinernya.

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Untuk pecinta daging kambing wajib berkunjung ke tempat ini. Yaitu, di warung tenda Gulai Kambing Bustaman milik Pak Sabar. Warung ini sudah berdiri sejak tahun 1969 silam. Letaknya ada di area kota Lama, tepatnya berada di belakang tempat wisata cagar budaya Gereja Blenduk. Sehingga, hal ini membuat letaknya mudah ditemukan. Yang pasti, sajian kuliner disini sangat mengenyangkan. Karena tersedia porsi besar untuk pengunjung.

Disamping itu, selain ada potongan jeroan beserta daging kambing yang lembut. Disini juga memiliki bumbu gulai yang benar-benar masuk ke dalam daging kambing. Sehingga, gulai di tempat ini tidak kental, namun rasanya sangat gurih. Bahkan, cita rasanya akan semakin nikmat jika Anda menyantap sajian kulinernya dengan barang merah mentah beserta perasan jeruk nipis. Dijamin rasanya tidak akan ada duanya.

Ayam Goreng Pakne Heksa

Ayam goreng Pakne Heksa

Siapa yang tidak suka ayam goreng? Hampir semua orang suka ayam goreng. Begitu juga untuk wisatawan yang berkunjung ke Semarang. Karena disini tersedia destinasi wisata kuliner khas Semarang yang lengkap dengan sajian kuliner ayam goreng yang murah dan enak. Yaitu, di Pakne Heksa. Tekstur ayam yang dijual disini sangat lembut dan gurih rasanya.

Selain itu, ayam disini juga dilengkapi dengan balutan bumbu rempah-rempah. Sehingga, hal ini membuat cita rasa ayam goreng disini bikin ketagihan semua orang. Bahkan, tidak hanya ayam goreng saja. Ternyata disini juga ada sajian menu yang lainnya. Yaitu, lele, udang, bebek, dan juga burung dara. Disini paling terkenal dengan sambal cobeknya. Karena cita rasanya sangat menggugah selera. Anda bisa menemukannya di Jl Ki Mangunsarkoro 15.

Nasi Gandul Pak Memed

Nasi Gandul Pak Memed

Ingin menikmati makan siang yang unik di kota Semarang? Anda harus datang ke Nasi Gandul Pak Memed. Yaitu, di Jl Dr. Cipto nomor 12A. Karena setiap porsinya berisi nasi yang telah disiram kuah kecoklatan. Setelah itu, ditambahkan dengan jaroan sapi, daging, dan telur ayam. Sehingga, rasanya semakin lezat. Apalagi ciri khasnya disini selalu menggunakan daun pisang dan suru untuk penyajiannya. Sehingga, hal ini membuat wisata kuliner disini sangat unik sekali.

Sudah terbayangkan rasa nikmatnya sajian kuliner legendaris di atas, kan? Makanya, daripada penasaran, langsung saja mampir ke Semarang! Yuk, ajak semua anggota keluarga dan teman-teman mencoba berwisata kuliner di Semarang bersama-sama. Karena Semarang memiliki banyak sekali destinasi wisata kuliner yang wajib dicoba. Bahkan, tidak hanya berwisata kuliner saja, Anda juga bisa melakukan banyak hal menarik disana.

Namun tentunya, sebelum mampir kesana, jangan lupa untuk mempersiapkan rencana perjalanan Anda dulu. Sehingga, Anda bisa menghemat biaya pengeluaran untuk traveling disana. Dimana salah satu cara terbaik untuk menikmati wisata kuliner di Semarang adalah dengan memesan tiket KA atau pesawat dari pegi pegi. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan harga tiket yang lebih murah. Disamping itu, untuk Anda yang ingin lebih lama berjalan-jalan di kota Semarang, kini saatnya Anda menggunakan fasilitas pegi pegi.

Yaitu, bisa mendapatkan banyak pilihan hotel di Semarang dengan harga yang terjangkau dan pastinya lengkap sesuai dengan kebutuhan Anda. Apalagi kini fitur pencarian penginapan murah di Semarang juga semakin mudah. Anda bisa menggunakan fiturnya untuk mencari penginapan murah di semarang berdasarkan kategori yang disediakan. Baik dari segi biaya, jadwal, dan fasilitas hotel yang diinginkan.

 

Galeri untuk Masha Allah! Daftar Wisata Kuliner Legendaris di Semarang Ini Dijamin Bikin Ngiler

Gambar Gravatar
Website Dakwah Muslimah Menerima Tulisan Dakwah Baik Fiksi maupun Non Fiksi  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *