Surat Al-Kahfi; Amalan Sunnah Malam Jumat

Surat Al-Kahfi

Hari Jumat merupakan hari yang amat istimewa bagi umat Islam. Pada hari ini, kita dianjurkan untuk melakukan berbagai amalan saleh, salah satunya dengan baca surat Al-Kahfi pada malan Jumat atau pada siang harinya. Selain membaca surat Al-Kahfi, ada banyak amalan sunnah yang baik setiap hari Jumat.

Misalkan saja memotong kuku dan bercukur bagi umat muslim laki-laki yang hendak menunaikan ibadah shalat Jumat, dan masih banyak amalan sunnah lainnya. Pada ulasan kali ini, kita tidak membahas apa saja amalan pada hari Jumat, fokusnya adalah keutamaan baca surat Al-Kahfi setiap malam Jumat dan siang harinya.

Surat Al-Kahfi merupakan surat ke-18 yang Allah turunkan saat Nabi Muhammad SAW berada di kota Mekah. Terdiri dari 100 ayat, dan memuat 4 kisah dengan pelajaran dan pesan moral yang sangat luar biasa bagi umat Islam. Salah satunya adalah kisah 7 pemuda yang bersembunyi dalam gua bersama seekor anjing.

Mereka merupakan pejuang agama Allah. Bersembunyi dari kejaran raja yang zalim dan kafir demi menyelamatkan keimanan. Selain daripada gua, tidak ada tempat berlindung bagi kelompok ashabul kahfi dan mereka akan terbunuh. Kisah ini menyiratkan pesan dan pelajaran yang sangat menyentuh.

Sekalipun tidak memungkinkan bagi kita untuk berdakwah yang mengajak orang lain beriman kepada Allah, setidaknya iman dalam diri tidak goyah, karena sesungguhnya selemah-lemahnya dakwah adalah dakwah dengan hati.

Surat ini sangat istimewa. Bahkan Allah menjanjikan banyak pahala kepada mereka yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, apalagi bagi mereka yang dapat menghafalkan surat Al-Kahfi. Adapun manfaat dan keutamaan baca surat Al-Kahfi malam Jumat adalah sebagai berikut.

Keutamaan Baca Surat Al-Kahfi Setiap Malam Jumat

Baca surat Al-Kahfi merupakan salah satu ibadah sunnah yang paling sering terlupakan. Padahal, ada banyak keutamaan dari ibadah sunnah yang satu ini. Membaca surat Al-Kahfi setiap malam Jumat atau siang harinya, mendatangkan pahala dan keberkahan dari Allah yang tidak terkira.

Salah satu alasan mengapa ibadah sunnah ini sering terlupakan adalah ketidaktahuan kita tentang apa saja manfaat dan keutamaan membaca surat Al-Kahfi setiap malam Jumat. Berikut, khusus untuk Anda kami sajikan keutamaan dan pahala baca surat Al-Kahfi pada malam Jumat. Baca surahnya di Quranlite.id

1.      Mendapatkan Cahaya Antara Dirinya dengan Ka’bah dan Cahaya Dua Jumat

Keutamaan pertama bagi mereka yang membaca surat Al-Kahfi adalah mendapatkan cahaya antara dirinya dengan Ka’bah. Ini sebagaimana yang tercatat dalam sebuah hadits shahih yang artinya :

“Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah” (HR. Ad Darimi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ No. 6471)

Selain itu, kepada mereka yang mengamalkan surat Al-Kahfi malam Jumat juga akan mendapatkan cahaya antara dua Jumat. Ini terdapat juga dalam hadits Rasulullah SAW yang artinya :

“Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ No.6470).

Hadis ini merupakan penjelasan dari keutamaan pertama bagi mereka yang baca surat Al-Kahfi setiap malam Jumat. Yakni mendapatkan cahaya antara dirinya dan ka’bah serta cahaya yang meneranginya antara dua Jumat.

Maksud daripada hadits ini adalah mereka yang membaca dan mengamalkan surat Al-Kahfi setiap malam Jumat, akan mendapatkan berkah dan juga rahmat dari Allah SWT yang tidak ada putusnya. Hadits ini juga menjelaskan bahwa Allah memberikan cahaya keberkahan dari ujung rambut sampai dengan ujung kepala kepada setiap hamba yang baca surat Al-Kahfi malam Jumat.

2.      Menjauhkan Umat Islam dari fitnah Dajjal

Keutamaan lain dari baca surat Al-Kahfi adalah menjauhkan diri dari kejamnya fitnah dajjal. Sesuai dengan janji Allah, menjelang datangnya hari kiamat dajjal akan turun ke bumi dan berupaya menyesatkan umat manusia. Apabila kita menjadi golongan pengikut dajjal, maka sudah jelas neraka adalah tempat bagi kita untuk kembali. Naudzubillah.

Mengamalkan surat Al-Kahfi ayat 1 sampai dengan 10 adalah upaya untuk membentengi diri kita dari fitnah akhir zaman. Tak hanya membaca, Allah juga menganjurkan kita untuk menghafalkan surat ini minimal 10 ayat pertama sebagai perlindungan diri dari kejamnya fitnah dajjal.

Itulah keutamaan dan pahala yang Allah janjikan kepada mereka yang mengamalkan, menghafal dan baca surat Al-Kahfi pada malam dan hari Jumat. Semoga kita semua senantiasa berada dalam lindungan Allah dan terhindar dari kejamnya fitnah akhir zaman. Aamiiinn

Galeri untuk Surat Al-Kahfi; Amalan Sunnah Malam Jumat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.