Pengertian Pengiriman Barang ke Luar Negeri

 Pengiriman Barang ke Luar Negeri

Saat ini, pengiriman barang antar daerah  di dalam negeri bisa kita lakukan dengan mudah dan cepat. Apalagi dengan adanya sistem belanja online membuat banyak masyarakat Indonesia membuka bisnis online. Namun, apakah Anda berniat mengirim barang ke luar negeri, tapi masih bingung dengan sistem pengiriman barang ke luar negeri disebut apa? Tenang, karena kita akan membahasanya pada artikel ini.

Pengiriman barang ke luar negeri mempunyai mekanisme yang lebih ketat di banding di dalam negeri. Meskipun demikian, jasa pengiriman barang internasional tetap memberikan fasilitas pengiriman barang yang aman sampai tujuan dengan harga yang terbilang murah.

Pengiriman Barang ke Luar Negeri Via Udara

Zaman sekarang, pesawat tidak hanya kita gunakan untuk mengangkut penumpang. Dunia penerbangan sendiri terbagi ke dalam dua bagian.  Pertama, penerbangan khusus penumpang atau passenger aircraft, bagasi atau surat dan dokumen. Kedua, penerbangan khusus kargo atau mengangkut barang.

Pengiriman barang melalui udara bisa kita lakukan melalui maskapai udara atau agen kargo. Kemasan melalui udara disebut dengan pallet.

Surat yang harus Anda sertakan pada pengiriman barang kargo international melalui udara yaitu:

  • Air Way Bill (AW) yaitu dokumen khusus penerbangan internasional.
  • Surat Muatan Udara (SMU) yaitu dokumen khusus penerbangan domestik.

Untuk melakukan pengiriman, Anda bisa langsung menghubungi perusahaan penerbangan tersebut. Jika semua syarat telah terpenuhi, selanjutnya Anda akan mendapatkan dokumen yang sesuai dengan tujuannya.

Tahap selanjutnya, pihak pabean akan melakukan pengecekan kelayakan untuk kirim atau tidak. Maksdnya, apakah barang menyalahi aturan pabean atau tidak? Setelah itu, mereka akan melakukan reservasi atau biasa terkenal dengan sebutan booking procedure.

Pengiriman barang ke luar negeri disebut  aman jika barang telah lolos cek kelayakan.  Barang akan mereka simpan di gudang untuk menunggu waktunya pengiriman sesuai dengan resevasi kargo yang telah mereka buat.

Tarif Pengiriman Barang ke Luar Negeri

Setelah mengetahui mekanisme pengiriman barang ke luar negeri tersebut apa, selanjutnya hal yang tidak kalah penting yaitu berapa tarif yang harus Anda keluarkan.

Dalam dunia penerbangan internasional ada yang bernama rate class atau rate classification. Tujuannya untuk menghitung biaya transportasi suatu barang berdasarkan golongannya masing-masing.

Beberapa hal yang memperngaruhi perhitungan yaitu:

  • Volume Weight : Jumlah dan besar barang.
  • Actual Gross Weight : Berat keseluruhan.
  • Comodity Rate : Rate khusus bagi barang-barang komodisi seperti sayur, atau ikan.

Tarif pengiriman barang dan biaya tambahan bisa Anda lakukan ke dalam dua cara:

  1. Menggunakan sistem cash. Pada sistem ini semua biaya pengiriman sudah terbayar oleh pihak pengirim melalui stasiun keberangkatan.
  2. Sistem Collect. Tarif pengiriman barang akan terkena pada penerima barang ketika berada di Airport pada waktu pengambilan barang kiriman. Hanya saja, tidak semua barang dapat menggunakan sistem pembayaran ini. Kalaupun bisa, biasanya ekspedisi akan meminta beberapa syarat tertentu.

Pengiriman Barang ke Luar Negeri Via Kapal Laut

Selain melalui udara, pengiriman barang juga dapat Anda lakukan menggunakan kapal laut. Siapa sangka, saat ini banyak orang memilih menggunakan kapal laut untuk mengirim barang kiriman ke luar negeri.

Beberapa alasan kapal laut banyak orang pilih yaitu biaya pengirimannya yang lebih murah, dan kapasitas angkutnya yang tinggi.

Walaupun demikian, setiap jasa pengiriman barang ke luar negeri baik via udara ataupun kapal laut tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hanya saja, kapal laut menjadi favorit para pemilih perusahaan ketika hendak akan mengirimkan barang dalam jumlah banyak.

Persayaratan Dokumen Pengiriman Barang via Kapal Laut

Sebelum melakukan pengiriman barang ke luar negeri disebut via kapal laut, alangkah lebih baik jika memahami dulu prosedur pengiriman via kapal laut berikut ini:

  • Menyiapkan data barang yang akan Anda kirim. Biasanya, data berupa jenis barang, dimensi ukuran barang & jenis packagingnya. Apakah bentuk packingnya berupa peti, karung, atau dus, kemudian berapa dimendi ukuran barang tersebut.
  • Jika semua data barang sudah siap. Selanjutnya, hubungi customer service untuk melakukan booking space supaya barang bisa mereka kirim sesuai jadwal.
  • Namun, jika barang yang akan Anda kirim belum siap datanya. Misalnya, masih ada di bagian pengurusan import atau masih dalam tahap produksi. Segera konfirmasi pada pihak customer service untuk selanjutnya melakukan penjadwalan ulang di kapal berikutnya. Pastikan Anda telah mengetahui jadwal terdekat kapan laut yang akan tiba.
  • Menanyakan kepada staf operasional, lokasi penumpukan mana yang sesuai dengan tujuan pengiriman Anda. Biasanya setiap muatan barang tujuan berbeda atau berbeda maskapai pelayaran yang akan meraka gunakan.
  • Jika langkah di atas sudah Anda lakukan dengan benar. Maka tinggal mengirimkan barang sesuai kesepakatan dan instruksi yang sudah tersepakati.
  • Petugas cargo juga akan melakukan pengukuran ulang untuk memastikan dimensi barangnya sudah sesuai.
  • Minimal berat barang sekitat 3-5 meter kubik tergantung dari tujuannya.
  • Perhitungan berat barang menggunakan satuan kubik atau dengan rumus : Panjang x lebar x tinggi : 1.000.000.

Jika semua prosedur sudah Anda lakukan, maka akan mendapatkan tanda terima berupa kwitansi dengan stempel lunas pengiriman barang yang sesuai dengan data dan tujuan barang tersebut.

Apabila Anda melakukan pelunasan pembayaran pengiriman melalui transfer, pastikan sudah memberitahukan pada bagian administrasi pusat supaya tidak ada proses yang terhambat.

Demikian ulasan kali ini mengenai pengiriman barang ke luar negeri disebut apa? Semoga bisa membantu melakukan pengiriman barang baik dari luar negeri ke Indonesia, atau sebaliknya.

Galeri untuk Pengertian Pengiriman Barang ke Luar Negeri

Gambar Gravatar
Website Dakwah Muslimah Menerima Tulisan Dakwah Baik Fiksi maupun Non Fiksi  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.