Masjid Terkenal di Jawa Timur yang Wajib Anda Kunjungi

Masjid Terkenal di Jawa Timur

Apakah Anda ingin berwisata religi? Jika iya, maka kunjungi saja salah satu masjid terkenal di Jawa Timur. Akan ada banyak masjid dengan gaya arsitektur yang indah dan menarik. Tentu saja, ketika mengunjunginya akan menjadi pengalaman yang berharga dan menambah wawasan tersendiri.

Ini Dia Masjid Terkenal di Jawa Timur

Bagi mereka yang tinggal di daerah Jawa Timur, tentu sudah tidak asing lagi dengan beberapa masjid terkenal di daerah tersebut. Akan tetapi, bagi mereka yang berada di daerah lain tentu belum terlalu mengenali mana saja tempat ibadah yang populer tersebut. Untuk itu, simak beberapa informasinya berikut:

Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

Masjid pertama yang sudah cukup terkenal di daerah Jawa Timur adalah Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. Tidak jarang juga tempat ibadah yang satu ini mendapat julukan sebagai Masjid Agung Surabaya. Masjid tersebut terletak di Kota Surabaya.

Anda bisa mengunjungi tempat ibadah tersebut tepatnya di Jl. Tol Surabaya-Porong. Lantas, apa saja yang menjadikan masjid tersebut unik dan beda dari lainnya? Masjid tersebut memiliki kubah besar dengan 4 kubah kecil berwarna biru. Terdapat pula satu menara dengan tinggi mencapai 99 meter.

Masjid Agung Tuban

Masjid terbesar yang satu ini terletak di Kabupaten Tuban. Meski bernama Masjid Agung Tuban, masjid tersebut juga kerap mendapat julukan sebagai Masjid Jami’ Tuban. Pembangunan masjid tersebut pertama kali terjadi pada abad ke-15 Masehi.

Kehadiran masjid tersebut termasuk sebagai saksi sejarah berhasilnya Sunan Bonang berdakwah di Tuban. Pada tahun 2004, masjid tersebut mengalami renovasi total oleh pemerintah kabupaten setempat. Tidak heran jika dari waktu ke waktu tempat ibadah tersebut semakin menarik dan megah. Terlebih dengan hadirnya jam digital masjid yang semakin membuat tempat ibadah semakin lengkap.

Masjid Cheng Ho

Jika Anda ingin berkunjung ke Surabaya, maka pastikan untuk singgah sejenak ke Masjid Cheng HO. Masjid tersebut memang bernuansa muslim Tiong Hoa. Berlokasi di Jl. Gading, Ketabang, Genteng, Surabaya. Tepatnya sebelah utara dari Gedung Balaikota Surabaya.

Pendirian masjid tersebut berawal dari pengurus Yayasan Haji Muhammad Cheng Ho Indonesia. Terdapat pula peran tokoh masyarakat Tionghoa yang ada di daerah tersebut. Adapun pembangunannya berlangsung pertama kali pada tanggal 15 Oktober 2001.

Jadi, dari berbagai masjid terkenal di Jawa Timur di atas mana yang ingin Anda kunjungi? Setiap bangunan tersebut tentu menyimpan sejarah masing-masing mengenai agama Islam. Dengan begitu, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke salah satu masjid tersebut.

Galeri untuk Masjid Terkenal di Jawa Timur yang Wajib Anda Kunjungi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.