Kerja Konsultan Pemetaan? Bagaimana Sih Gambarannya?

4 views

Konsultan Pemetaan

Bekerja seperti apa yang diinginkan pasti menyenangkan, apalagi pekerjaan tersebut sangat memiliki pengaruh besar dan bermanfaat bagi banyak orang. Sama halnya saat Anda mencari lowongan kerja konsultan pemetaan.

Apa Itu Pekerja Konsultan Pemetaan?

Pernahkah Anda mendengar atau bahkan mengetahui pekerjaan satu ini? Konsultan pemetaan merupakan seorang yang mahir dan ahli dalam mengukur dan membuat peta topografi. Skillnya tentu harus diatas pekerja-pekerja jasa pemetaan pada umumnya. Pekerjaan ini diperlukan keahlian yang mumpuni, jadi tidak sembarangan orang bisa melakukannya.

Pekerjaan konsultan pemetaan tak hanya melakukan pengukuran lahannya saja, akan tetapi juga harus mampu memilih peralatan apa saja yang nantinya digunakan namun tergantung pada informasi yang ingin didapat.

Kemudian setelah beberapa informasi tersebut sudah didapatkan, sebagai pekerja konsultan pemetaan langkah selanjutnya ialah mengolah datanya lalu dimasukkan ke dalam peta kontur. Proses pembuatan peta ini diperlukan perhitungan yang akurat dengan menggunakan rumus.

Cara Menemukan Lowongan Pekerjaan Konsultan Pemetaan

Bagi Anda yang memiliki keahlian dalam mengukur dan membuat peta topografi, direkomendasikan untuk melamar menjadi seorang konsultan pemetaan. Namun, sebelum mengajukan ada baiknya perhatikan terlebih dahulu apa saja kriteria yang dibutuhkan dalam pekerjaan tersebut.

Anda bisa mencari lowongan pekerjaan sebagai konsultan pemetaan tersebut di berbagai situs pencari kerja yang saat ini banyak digunakan masyarakat. Seperti halnya di susunbentangalam.co.id atau bahkan langsung ketik pencarian di internet.

Di zaman sekarang ini, apapun yang Anda ingin cari dan dapatkan semuanya sudah tertera di internet. Bahkan mencari pekerjaan pun tidak lagi dibuat repot apalagi sulit seperti halnya dengan melihat papan pengumuman lowongan kerja di tempat lain.

Poin yang Harus Dimiliki Pekerja Konsultasi Pemetaan

Menjadi seorang konsultan tentu saja harus di dasari dengan cukup pengalaman selama beberapa tahun. Apalagi dalam pekerjaan ini yang bisa dibilang sulit namun juga tak terlalu rumit, hanya diperlukan sebuah kecermatan saja.
Bagi Anda yang menginginkan pekerjaan ini, persiapkan diri dulu sebelum melamar pekerjaannya. Syarat yang diajukan ada beberapa macam dan itupun juga dibagi menjadi bagian atau tingkatan jabatannya.

Minimal pendidikannya pun juga S2 sebagai atasan atau pemimpin. Begitu pula jabatan selanjutnya yang pastinya kriterianya berbeda-beda. Kemudian pekerjaan ini juga sangatlah dibutuhkan oleh banyak orang. Bukankah akan sangat lega bila bekerja yang hasilnya dibutuhkan orang banyak?

Syarat Saat Mengajukan Pekerjaan Konsultan Pemetaan

Menjadi konsultan pemetaan tentu saja tidak boleh sembarangan orang bisa melakukannya. Ada beberapa syarat khusus untuk bisa berada di posisi tersebut, salah satunya untuk menjadi seorang leader rata-rata pendidikannya harus S2 dalam bidang Geodesi dengan 5 tahun pengalaman.

Lalu untuk menjadi tenaga ahli, rata-rata pendidikannya adalah S1 Geodesi dengan pengalaman sekitar 5 tahun, Drafter minimal pendidikannya SMK, serta Surveyor D3 Geodesi. Semuanya tentu saja sudah harus memiliki beberapa tahun pengalaman.

Untuk menjadi drafter minimal pengalaman kerjanya adalah sekitar satu tahun sedangkan surveyor dua tahun. Tentu saja berpengalaman dalam bidang survey pemetaan. Semua posisi tersebut memiliki tugas serta tanggung jawabnya masing-masing.

Informasi Gaji yang Biasanya Didapatkan oleh Pekerja Konsultan Pemetaan

Hampir sebagian orang sangat penasaran mungkin termasuk Anda juga, bekerja sebagai seorang konsultan pemetaan itu berapa gaji yang akan didapatkan mereka? Mengingat pekerjaannya tidak main-main dan butuh keahlian khusus di bidangnya seperti perencanaan dalam proyek pemerintah.

Pada umumnya, menjadi seorang konsultan pemetaan itu rata-rata gaji fresh graduate untuk S1 bisa mencapai lima juta hingga lima belas jutaan dengan pengalaman sekitar satu sampai tiga tahun. Namun, hal tersebut tentunya belum pasti atau bahkan tidak.

Mengapa? Seiring dengan kemampuan orang tersebut, tentu saja gaji yang didapatkan juga akan mengikuti. Jika memang Anda mahir gaji bisa saja bertambah hingga menjadi puluhan juta perbulannya.

Persiapan Konsultan Pemetaan

Seorang konsultasi pemetaan atau biasanya dikenal dengan survey topografi merupakan pekerjaan dengan cara mengukur untuk dapat menentukan posisi tanda yang alami atau bahkan buatan manusia yang letaknya ada di permukaan tanah. Itulah tugas mereka.

1. Mempersiapkan Beberapa Hal Sebelum Survey

Hal utama yang harus dilakukan ialah persiapkan segala hal sebelum masuk ke tahap survey. Adapun pekerjaannya dibagi menjadi dua, mempersiapkan administrasinya dan juga teknis agar tidak mengalami kendala apapun di lapangan.

Mempersiapkan administrasi itu termasuk perizinannya juga seperti mengurus izin ke petinggi / pejabat setempat. Lalu untuk teknisnya yaitu membeli peta dengan skala kecil dan juga dokumentasi, peralatan, bahan material dan masih banyak lagi.

2. Melakukan Pemasangan Patok dan Pengukuran Topografi

Poin yang kedua melakukan pemasangan patok benchmark(BM) ataupun control point (CP), gunanya adalah dijadikan titik referensi di awal dalam mengukur lapangan. Kemudian melaksanakan pengukuran topografi.

Pelaksanaan yang pertama adalah menyalakan alat yang dinamakan total station lalu diatur koreksi atmosfernya sekitar pagi dan siang hari. Mengatur lingkaran horizontalnya, koordinat, mengamati backsightnya juga dan masih banyak lagi.

3. Membuat Perhitungan dan Laporan

Selanjutnya melakukan sebuah perhitungan atau penggambaran pada peta. Biasanya bisa dilakukan di autoCAD tujuannya agar dapat digunakan juga oleh para client. Kemudian membuat laporan atas hasil survey topografinya.

Isi dari laporan tersebut bisa berupa latar belakang serta tujuan dari pelaksanaan survey topografi. Jangan lupa outputnya juga dilampirkan. Semua pelaksanaan seorang konsultan pemetaan bisa dikatakan tak mudah namun juga tidak sulit jika orang tersebut menikmatinya.

Demikian penjelasan singkat dari lowongan kerja konsultan pemetaan hingga berbagai informasi yang patut Anda baca. Semoga ulasan di atas mampu menambah ilmu dan mengobati rasa keingintahuan terhadap seorang pekerja survey topografi ini.

Galeri untuk Kerja Konsultan Pemetaan? Bagaimana Sih Gambarannya?

Gambar Gravatar
Website Dakwah Muslimah Menerima Tulisan Dakwah Baik Fiksi maupun Non Fiksi  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *