Fasilitas Wisata Goa Pindul Untuk Muslimah

110 views

Fasilitas Goa Pindul

Siapa tak mengenal keindahan wisata alam Gunung Kidul? Salah satu alasan mengapa daerah itu terkenal adalah karena ada berbagai fasilitas wisata Goa Pindul yang dirancang khusus untuk para wisatawan baik asing maupun mancanegara.

Lengkapnya Fasilitas Goa Pindul

Goa Pindul resmi dibuka pada tahun 2010. Namun, orang-orang ramai untuk mendatanginya sejak 2014 silam. Kemasyhuran destinasi alam khas Yogyakarta ini tak luput dari kekuatan media sosial serta peran pemerintah setempat yang memfasilitasinya dengan baik.

Meskipun tempat ini memiliki berbagai fasilitas wisata Goa Pindul, namun ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan sendiri. Antara lain fisik kuat, pakaian ganti dan alat mandi. Tubuh bugar juga dibutuhkan sebab mengarungi sungai bawah tanah akan cukup menguras tenaga.

Pindul masuk ke dalam wisata minat khusus. Obyek wisata ini menawarkan petualangan memacu adrenalin dengan fasilitas yang memadai. Sarana dan prasarana tempat tersebut selalu dijaga serta dirawat. Tak heran jika setiap tahun pengunjung selalu bertambah.

Bagi Anda yang gemar berpetualang mengeksplor alam dan memacu adrenalin, obyek wisata Gunung Kidul ini cocok sekali. Tak perlu khawatir dengan fasilitasnya sebab selama mengikuti arahan petugas, liburan Anda akan aman serta nyaman.

Berbagai fasilitas Goa Pindul yang Perlu Diketahui

Destinasi asli Gunung Kidul terkenal akan layanan lengkapnya. Hal ini membuat pengunjung betah traveling. Penasaran dengan fasilitas-fasilitas tiket Goa Pindul? Berikut akan disuguhkan apa saja yang bisa Anda nikmati saat berada di Pindul.

  1. Ban Karet

Berbagai fasilitas wisata Goa Pindul yang disediakan oleh pihak pengelola salah satunya ialah ban karet. Benda ini digunakan untuk mengarungi sungai bawah tanah Goa Pindul. Barang berbentuk bulat itu dikombinasikan dengan tali fungsinya sebagai pegangan saat selusur.

Penggunaan benda bulat berbahan karet ini dikarenakan di bagian goa terdapat area tidak terlalu luas dan hanya bisa dilewati menggunakan ban. Ukurannya cukup besar. Tak jauh beda dengan yang digunakan untuk kendaraan.

  1. Pelampung

Syarat memasuki Pindul ialah memakai pelampung. Fasilitas ini bisa Anda dapatkan jika membayarkan paket wisata di loket pembelian. Kegunaannya utamanya yakni memastikan agar keselamatan pengunjung terjaga.

Pelampung ini dapat disesuaikan menurut tubuh seseorang sebab ukurannya bisa dikecilkan maupun dibesarkan. Di Goa Pindul terdapat setidaknya 1000 buah yang mampu menampung berat badan hingga 100 kg. Fasilitasnya cukup memadai bukan?

  1. Sepatu Karet

Selain pelampung, tiap orang yang selusur goa harus memakai alas kaki khusus. Di sini disediakan sepatu karet dari ukuran 38 hingga 42. Penggunaannya wajib, namun jika Anda ingin lebih nyaman pakailah milik sendiri asalkan tahan air dan tidak mudah copot saat digunakan.

Berbagai fasilitas wisata Goa Pindul sudah lulus uji keselamatan. Sepatu berbahan karet tersebut akan melindungi kaki saat berpetualang. Keselamatan pengunjung adalah yang utama. Untuk itu, kewajiban mengenakan alas ini haruslah ditaati oleh semua wisatawan.

  1. Helm Keselamatan

Tak hanya badan, bagian kepala pun harus dilindungi. Pihak Goa Pindul telah menyediakan helm keselamatan untuk melindungi Anda. Sayangnya, jumlah helm tidak sebanyak pelampung. Oleh karena itu, disarankan untuk datang lebih awal agar kebagian.

Bentuk pelindung kepala ini berbeda dari helm yang digunakan saat berkendara. Tidak ada kaca penutup dan terdapat tali yang fungsinya untuk menahan kepala agar tetap aman serta nyaman saat digunakan. Tali bisa disesuaikan tergantung ukuran tiap orang.

  1. Tempat Makan

Setelah melakukan aktivitas outdoor menyusuri goa, mungkin perut Anda keroncongan. Itu hal biasa. Berita baiknya, di sini dapat dijumpai tempat makan yang menyedikan aneka makanan lezat penghangat tubuh seperti mie rebus.

Saat berkunjung ke kawasan ini, jangan lupa memesan wedang Pindul yang sangat khas. Rasanya nikmat dan unik. Dijamin bisa menghangatkan tubuh. Rugi rasanya apabila datang namun belum mencicipi kenikmatan minuman tersebut.

  1. Mushola

Terdapat berbagai fasilitas wisata Goa Pindul, salah satunya ialah musholla. Tempat ini menjadi poin penting yang dicari oleh pelancong beragama Islam. Pengelola telah memikirkan dengan baik kebutuhan para wisatawan.

Musholla yang terletak di kawasan wisata tersebut dapat menampung sekitar 50 orang. Dengan ukuran cukup besar, Anda tak perlu lama menunggu antrian saat akan melaksanakan ibadah sholat. Liburan pun tetap berjalan lancar.

  1. Tempat Penitipan

Ada lagi fasilitas penting di Pindul, yakni tempat penitipan. Saat menyusuri goa dengan ban, Anda harus menitipkan barang-barang pribadi. Ini adalah kewajiban sebab hanya perlengkapan diri saja yang diperkenankan dibawa.

Meskipun ada tempat penitipan barang, namun usahakan tidak membawa perhiasan atau benda-benda beresiko mengundang tindak kriminal. Bawalah barang yang simple dan dibutuhkan saja selama liburan. Ini untuk mengurangi resiko tindak kriminal yang terjadi di tempat umum.

  1. Ruang Transit

Sebelum mengarungi sungai Pindul, pengunjung akan ditempatkan di ruang transit terlebih dahulu. Tempat ini bisa memuat hingga 1500 orang yang terbagi atas 5 tempat. Luasnya ruang transit tersebut menandakan pengelola mempersiapkan dengan baik seluruh fasilitas.

Ruang transit ini bentuknya unik, yakni berupa pendopo dan letaknya berdekatan antara satu dengan lainnya. Suasananya sejuk sehingga pengunjung yang menanti giliran akan merasa nyaman. Luasnya kapasitas tempat mengurangi kepadatan wisatawan terutama saat weekend.

  1. Kamar Mandi

Satu dari fasilitas wisata Goa Pindul yang selalu dicari pengunjung ialah kamar mandi. Setiap obyek wisata umumnya memiliki sarana tersebut. Akan tetapi, tidak semua destinasi alam memiliki banyak toilet. Ini sangat disayangkan.

Di sini Anda bisa bernafas lega sebab ada sekitar 30 toilet tersebar di Goa Pindul. Jadi, tidak perlu mengantri lama jika ingin menggunakannya. Terlebih lagi, keadaan kamar mandi bersih karena selalu dirawat petugas.

  1. Pemandu/Guide

Nah ini dia fasilitas penting yang disediakan oleh pengelola Goa Pindul, yakni pemandu. Kegiatan susur sungai cukup aman karena dipandu oleh guide. Pemandu telah berpengalaman sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kinerjanya.

Pemandu adalah orang yang terlatih. Tidak bisa berenang pun tidak masalah sebab setiap peserta dibekali sebuah pelampung dan ban karet sesuai standar. Anda hanya perlu mendengarkan arahan petugas dengan baik.

  1. Transportasi

Berbagai fasilitas wisata Goa Pindul dirawat dengan baik, termasuk angkutan. Armada penjemputan ini tersedia sebanyak 15 unit plus supir berpengalaman dalam mengendarai. Kebersihannya pun terjaga. Dengan tiket Goa Pindul yang murah, pengunjung memperoleh jasa antar jemput ke lokasi.

Setelah berpakaian lengkap dan siap, Anda harus menaiki armada angkutan yang telah disiapkan oleh pengelola. Bentuknya seperti angkutan dengan bagian belakang terbuka. Transportasi ini digunakan dari parkiran menuju tempat selusur goa.

Demikian aneka fasilitas Goa Pindul yang lengkap dan terawat. Hubungi Goa Pindul Official jika ingin reservasi paket wisata. Pastikan Anda menggunakan dengan baik saat berada di obyek wisata ini. Selamat berlibur!

Galeri untuk Fasilitas Wisata Goa Pindul Untuk Muslimah

Gambar Gravatar
Website Dakwah Muslimah Menerima Tulisan Dakwah Baik Fiksi maupun Non Fiksi  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *