Cerita Membangun Rumah Pertama

Cerita Membangun Rumah Pertama

Ada banyak hal yang perlu saya hadapi ketika memasuki masa pembangunan rumah. Salah satunya adalah dengan disiplin menabung agar hunian tersebut benar-benar terwujud. Hal ini berarti, niat saja tidaklah cukup. Masih ada banyak hal perlu diperhatikan saat ingin mewujudkannya.

Beberapa Pengalaman Proses Pembangunan Rumah

Ada banyak proses saat melakukan pembangunan rumah. Agar terwujud secara memuaskan maka usahakan untuk memanfaatkan jasa kontraktor yang berpengalaman dan profesional. Oleh sebab itu, simak dahulu beberapa proses selengkapnya di bawah ini:

Sediakan Anggaran

Sangat penting bagi Anda untuk menyediakan anggaran terlebih dahulu saat ingin membangun rumah. Usahakan untuk tidak sekedar menyiapkannya saja. Pasalnya, usahakan untuk melebihkannya sebanyak 50%. Hal ini agar menghindari hal-hal tidak diinginkan.

Contohnya saja saat anggaran pembangunan rumah tersebut sebanyak 100 juta, maka ada baiknya menyiapkannya lagi sekitar 50 juta. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk menyelesaikan prosesnya agar cepat jadi dan siap untuk Anda gunakan tanpa adanya hambatan.

Kerjasama dengan Kontraktor

Selain menyediakan biaya, Anda juga perlu bekerjasama dengan jasa kontraktor. Pasalnya, membangun rumah sendiri tentu kurang efektif. Terlebih jika menggunakan satu tukang saja tentu tidaklah cukup. Oleh sebab itu, jangan sampai tidak memanfaatkannya.

Penggunaan jasa kontraktor juga terbilang hemat waktu dan lebih efisien. Jangan sampai memaksa membangunnya sendiri karena selain lebih lama juga tentu memerlukan biaya mahal. Dengan begitu, tidak perlu ragu apabila ingin menggunakan jasanya.

Tentukan Konsep Rumahnya

Saat ingin membangun rumah, maka sangat penting menentukan konsepnya. Apakah ingin membuatnya cukup luas dengan gaya modern atau justru minimalis. Oleh sebab itu, jangan sampai salah dalam menentukannya. Tidak ada salahnya juga jika bekerjasama dengan jasa kontraktor.

Dengan berkonsultasi terlebih dahulu, tentu saja lebih mudah untuk mendapatkan hasil lebih bagus. Selain itu, usahakan juga mendapatkan garansi dari jasa kontraktor. Kemudian, perhatikan juga beberapa hal lainnya saat membangun hunian tersebut.

Pilih Sistem Borongan

Usahakan juga untuk menggunakan jasa sistem borongan. Yakni untuk biaya tenaganya saja sehingga bukan semuanya. Sebagai pengalaman, jika borongan seluruhnya bisa saja hasil bangunannya tidak sesuai harapan. Tentu Anda kurang merasa memuaskan saat memakainya.

Dengan begitu, tidak ada salahnya apabila Anda membeli material bangunan sendiri. Tentu saja akan mengetahui secara pasti mengenai biaya pengeluaran tersebut. Selain itu, kualitasnya juga lebih terjamin sehingga tidak terlalu cepat untuk merenovasi rumah.

Selalu Awasi Pengerjaan

Anda juga perlu selalu mengawasi proses pembangunan jasa kontraktor. Kemudian, apabila terdapat beberapa jenis material bangunan yang kurang maka usahakan tetap sabar untuk bolak-balik membelinya ke toko bangunan sebelumnya. Oleh sebab itu, sangat penting melakukan kroscek.

Usahakan juga untuk memberikan makanan ringan dan minuman kepada kontraktor tersebut sebagai salah satu apresiasi. Tidak ada salahnya apabila ingin melakukan konsultasi jika nantinya terdapat hal-hal yang kurang sesuai. Dengan begitu, hasilnya juga sesuai keinginan dan pastinya memuaskan.

Mengapa Harus Membangun Rumah Sendiri?

Pada dasarnya, membangun rumah sendiri memerlukan waktu dan kesabaran tersendiri. Akan tetapi, tentu saja Anda akan mendapatkan kepuasan. Oleh sebab itu, pahami juga apa saja alasan perlu membangun hunian tersebut. Agar lebih jelas, di bawah ini selengkapnya:

Mendesain Sesuai Selera

Saat membangun rumah sendiri, maka Anda dapat mendesainnya sesuai dengan selera masing-masing. Oleh sebab itu, tidak perlu ragu apabila ingin segera mewujudkan proses pembangunan rumah impian tersebut. Tentu hal ini akan lebih menarik daripada membelinya. Anda bisa segera mengonsultasikannya dengan jasa kontraktor Jogja.

Anda juga dapat mendesain sendiri seperti apa tata ruang dan struktur bangunannya. Dengan begitu, dapat sesuai keinginan serta hasilnya juga memuaskan. Pemilik hanya perlu menyesuaikannya sesuai dana yang sudah disediakan. Tidak heran jika ada banyak orang memilihnya.

Bisa Menyesuaikan Budget

Alasan lainnya adalah terbilang jauh lebih fleksibel terutama dalam menyesuaikan budget. Pasalnya, hunian tersebut dibangun sendiri sehingga dapat memilih material yang digunakan sesuai dengan kantong masing-masing. Tentu tidak perlu ragu apabila ingin segera memulainya.

Tidak hanya itu saja, apabila saat ini tabungan belum cukup dan enggan meminjam uang maka bisa menundanya terlebih dahulu. Kemudian tunggu sampai beberapa waktu hingga dana tersebut tersedia kembali. Dengan begitu, Anda bisa melanjutkan proses pembangunannya.

Memiliki Lahan Luas

Merupakan salah satu alasan sekaligus keuntungan mengapa perlu membangun rumah sendiri. Hal ini karena nantinya Anda akan memiliki lahan cukup luas daripada membeli hunian yang sudah jadi. Tentu hal ini bisa menambah keyakinan apabila ingin segera memilikinya.

Anda juga tidak akan terburu-buru dalam menempati hunian tersebut. Dengan begitu, nantinya tabungan juga dapat dialokasikan untuk membeli lahan kosong terlebih dahulu. Kemudian dapat berlanjut mencicil pembelian bahan bangunan. Setelah itu, bisa memasuki proses pembangunannya hingga selesai.

Kualitas Bangunan Sesuai

Apabila Anda sangat menginginkan hunian yang berkualitas dan rapi, maka sangat penting memilih materialnya dengan tepat. Tentu saja tidak bisa membeli bahan bangunan tersebut secara sembarangan. Oleh sebab itu, usahakan untuk memilih tempat terpercaya.

Ketika Anda membelinya sendiri, maka tentu saja lebih mudah dalam mengontrol kualitas bangunan tersebut. Terlebih hal ini nantinya akan berkaitan langsung dengan keawetan bangunan sehingga tidak perlu melakukan renovasi rumah secepat mungkin.

Itu tadi cerita tentang pembangunan rumah pertama yang dapat Anda ketahui. Usahakan untuk mempersiapkannya dari awal agar nantinya prosesnya semakin matang. Dengan begitu, memiliki hunian sendiri dapat segera terwujud sesuai keinginan.

 

 

Galeri untuk Cerita Membangun Rumah Pertama