Cara Merawat Rumah Agar Sehat dan Bersih

Cara Merawat Rumah

Merawat rumah merupakan kegiatan yang sangat penting supaya Anda dan keluarga merasa nyaman melakukan segala aktivitas dengan nyaman di dalamnya. Selain itu, rumah yang bersih juga dapat membuat semua anggota keluarga menjadi sehat. Sebenarnya, cara merawat rumah agar sehat dan bersih tidak sulit kok. Asalkan tidak malas membersihkan debu menempel, merapikan barang ke tempatnya, tidak memberikan cucian menumpuk, dan lain-lain.

Ketika seseorang malas membersihkan rumah, maka itulah yang akan membuat rumah menjadi tidak terawat dan dapat membuat harga rumahnya menjadi turun. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui beberapa cara merawat rumah agar sehat dan bersih supaya nyaman berada di dalam rumah.

Cara Merawat Rumah Agar Sehat dan Bersih Itu Mudah

Sebetulnya, tidak ada cara khusus untuk membersihkan rumah. Namun, semoga dengan pembahasan yang sebagiannya kami kutip dari jasa kontraktor Jogja ini dapat mempermudah kegiatan Anda dalam merawat rumah. Selain itu, dengan mengetahui beberapa cara merawat rumah sangat bermanfaat, apalagi jika suatu saat Anda tidak lagi menggunakan jasa asisten rumah tangga.

Membersihkan Lantai Setiap Hari

Cara merawat rumah supaya sehat pertama yaitu dengan membersihkan lantai setiap hari. Pertama, Anda bisa menyapunya. Meskipun terdengar sepele, namun menyapu lantai merupakan bagian penting dalam merawat rumah. Usahakan ketika menyapu lantai memperhatikan sudut ruangan atau sela-sela rumah seperti bawah kursi, bawah lemari, belakang pintu, dan lain-lain. Biasanya, di bagian sudut akan terdapat banyak kuman dan debu yang menempel.

Selain menyapu lantai, alangkah lebih baik selalu rutin mengepel lantai setiap hari supaya debu-debu yang menempel betul-betul hilang. Gunakan kain untuk mengepel lantai. Jangan lupa membasahinya dengan air dan campuran cairan pembersih lantai sebelum mengepel. Fungsi cairan sendiri yaitu membunuh kuman yang kemungkinan hidup di lantai rumah Anda.

Mencuci Baju Setiap Hari

Dengan rutin mencuci baju setiap hari, pekerjaan mencuci Anda akan terasa ringan, tidak akan menumpuk, dan bisa membuat rumah terlihat lebih bersih dan sehat. Coba saja Anda bayangkan jika tidak rutin menuci baju setiap hari, maka baju kotor Anda akan menumpuk, dan mendatangkan banyak kuman.

Oleh sebab itu, alangkah lebih baik untuk selalu rutin membersihkan baju secara menyeluruh setiap hari dari pada hanya di akhir pekan saja. Kegiatan mencuci baju setiap minggu akan sangat memberatkan. Jadi, sebaiknya membiasakan mencuci baju kotor setiap hari.

Rutin Membersihkan Kamar Tidur

Bagian yang tidak kalah penting dalam cara merawat rumah agar sehat dan bersih adalah dengan rutin membersihkan kamar tidur setiap hari. Apalagi kamar tidur merupakan salah satu ruang pribadi yang seperempat waktu kita habiskan di kamar setiap harinya. Tentunya, banyak aktivitas yang Anda lakukan di ruangan pribadi ini.

Oleh sebab itu, utamakan kebersihan kamar tidur. Caranya dengan rajin mengganti seprei, membersihkan baju kotor, membuang botol atau barang bekas yang sudah habis atau tidak terpakai. Dengan begitu, kamar tidur Anda tidak akan sumpek.

Membersihakan Kamar Mandi

Tahukah Anda jika di dalam kamar mandi atau toilet merupakan sumber kuman dan juga bakteri? Walaupun, Anda menggunakan flush, namun bakteri dan juga kuman tetap bertebrangan di udara. Supaya kebersihan kamar mandi terjaga, bersihkan pegangan pintu, kran dan semua area menggunakan cairan khusus.

Untuk lebih menjaga kebersihan rumah dari kuman, gunakan keset di depan kamar mandi. Tujuannya, untuk membantu supaya kaki tetap kering ketika keluar dari kamari mandi. Selain itu, bukalah pintu dan jendela ketika kamar mandinya tidak ada yang menggunakan supaya ada pergantian udara. Sedangkan, shower, wastafel, kran, dan kaca sebaiknya Anda bersihkan menggunakan cuka menggunakan kain lap bersih supaya bakterinya hilang.

Membersihkan Dapur

Rumah yang bersih dan sehat tidak lepas dari area dapurnya yang terjaga dengan baik. Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk merawat rumah supaya sehat.

Diantaranya, bersihkan semua permukaan di dapur menggunakan desinfektan, bersihkan lemari es dengan cara membuang semua sisa makanan yang mengakibatkan munculnya bau tidak sedap, buang sampah dapur setiap hari, ganti spons cuci piring secara rutin, dan pisahkan alat memasak untuk daging dan sayur. Terutama, papan pemotong untuk kedua bahan yaitu daging dan sayur sebaiknya jangan sama.

Dengan memisahkan alat masak antara daging dan sayur dapat mengurangi munculnya kuman yang menempel di papan pemotong sayuran. Sedangkan untuk menjaga supaya tidak ada hewan seperti kecoa dan tikus bertebaran di dapur.

Lakukan beberapa hal seperti menghindari menyimpan makanan di area dapur. Simpanlah makanan sisa ke dalam kulkas jika sudah malam. Lalu, buanglah sampah setiap hari. Jangan membiarkan area basah atau bocor di dapur. Segera memperbaikinya jika terjadi kerusakan, karena area basah dan kotong bisa mengundang kecoa dan tidur datang.

Beberapa Kesalahan Merawat Rumah Supaya Sehat dan Bersih

Selain mengetahui bagaimana cara merawat rumah supay sehat dan bersih, ada beberapa kesalahan yang mungkin terlihat sepele namun hal ini harus Anda hindari supaya tidak akan mengotori rumah:

  1. Menggunakan satu kain lap untuk mengelap semua bagian rumah.
  2. Menyedot debu dengan vacuum cleaner kotor.
  3. Meletakkan sikat toilet ke dalam wadah basah atau lembab.
  4. Tidak menyemprotkan cairan disinfektan ke kain, namun langsung ke permukaan benda yang akan dibersihkan.
  5. Mengelap atau membersihkan benda dari arah bawah ke atas.

Mempunyai rumah yang bersih dan sehat adalah hal yang sangat penting supaya semua anggota keluarga dapat terhindar dari gangguan Kesehatan. Demikian ulasan mengenai cara merawat rumah agar sehat dan bersih kali ini. Semoga bermanfaat.

 

Galeri untuk Cara Merawat Rumah Agar Sehat dan Bersih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.