Awal Puasa Ramadhan 2021

Awal Puasa Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulah yang mulia dan istimewa bagi ummat muslim. Dalam waktu dekat ini akan datang bulan Ramadhan, jadi, Ramadhan berapa hari lagi? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini

Ramadhan Berapa Hari Lagi? Ini Menurut Muhammadiyah dan Pemerintah

Semua umat muslim wajib melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan, sesuai dengan QS. Al Baqarah ayat 183 berikut ini.

Berdasarkan dalil di atas, maka perlu untuk mengetahui awal bulan Ramadhan, berikut penjelasannya.

1. Tanggal 1 Ramadhan Menurut Muhammadiyah

Pimpinan Pusat Muhammadiyah sudah mengeluarkan putusan untuk tanggal 1 Ramadhan 2021 atau 1442 H. Keputusaan PP Muhammadiyah untuk 1 Ramadhan  1442 H jatuh pada tanggal 13 April 2021 yang bertepatan pada hari Selasa Wage.

Terhitung dari hari ini, maka bulan suci Ramadhan kurang 6 hari lagi, jika menghitung menggunakan putusan PP Muhammadiyah. Keputusan ini tertulis dalam Maklumat PP Muhammadiyah tentang penetapan hasil hisab bulan Ramadhan dan Dzulhijjah tahun 1442 H.

Keputusan ini berdasarkan dengan hasil hisab hakiki wujudul hilal. Sebagaimana 1 Ramadhan pada tanggal 13 April, maka warga Muhammadiyah melaksanakan awal shalat Tarawih pada hari Senin, 12 April 2021. Selain menentukan tanggal 1 Ramadhan, PP Muhammadiyah juga telah mengumumkan putusan untuk tanggal 1 Syawal 1442 H yaitu pada Kamis, 13 Mei 2021.

2. Tanggal 1 Ramadhan Menurut Pemerintah RI

Bagi Anda yang ingin tahu puasa Ramadhan 2021 kurang berapa hari lagi, pemerintah memang belum mengumumkan secara resmi perihal penetapan 1 Ramadhan. Hal ini karena sidang isbat akan terlaksana pada hari terakhir bulan Sya’ban. Kementrian Agama (Kemenag) akan melakukan sidang isbat pada tanggal 12 April 2021.

Sidang isbat ini akan Kemenag lakukan secara daring dan juga luring karena adanya pandemi. Sidang ini juga akan terlaksana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Selanjutnya, rentetan kegiatan dari sidang isbat ini yaitu seminar posisi hilal awal Ramadhan, kemudian lanjut dengan melaksanakan rukyatul hilal.

Jadi, Anda tidak lagi penasaran Ramadhan berapa hari lagi atau kurang berapa hari lagi puasa, bukan? Nah, sekian dulu penjelasan tentang penetapan awal bulan Ramadhan menurut pemerintah dan PP Muhammadiyah. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Galeri untuk Awal Puasa Ramadhan 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.