Arti Alhamdulillah Ala Kulli Hal

83 views

Arti Alhamdulillah Ala Kulli Hal

Arti Alhamdulillah dan penjelasannya sebagai kalimat tahmid merupakan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT. Lafadz Alhamdulillah artinya: “Segala puji bagi Allah” yaitu ucapan terima kasih kepada Tuhan.

Kata Alhamdulillah atau disebut juga kalimat tahmid menjadi doa terbaik yang wajib diucapkan setiap manusia sebagai kalimat dzikir. Hal ini karena kita perlu mengucapkan terima kasih terlebih dahulu atas segala yang telah diberikan Allah kepada hambanya dalam kehidupan ini.

Kalimat Tahmid memiliki keutamaan sebagai sebuah sarana agar semua doa yang kita panjatkan bisa dikabulkan dan diridhoi Allah. Selain itu agar kita selalu ingat dan bersyukur atas nikmat dan karunia yang telah diberikan serta tidak menjadi kufur nikmat atau tidak bersyukur.

Seperti yang telah disebutkan dalam ayat Al Qur’an yaitu surat Ibrahim ayat 7 yang artinya: “Barang siapa bersyukur atas nikmat-Ku, maka akan Ku tambahkan nikmat baginya.  Dan barangsiapa kufur terhadap nikmat-Ku, sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa Allah senantiasa akan menambahkan nikmat bagi siapa saja yang telah bersyukur. Selanjutnya Allah juga akan memberikan adzab kepada siapa saja yang tidak berterima kasih atau tidak bersyukur serta mengingkari nikmat yang telah diberikan.

Rasa syukur kepada Allah diucapkan dalam bentuk kalimat Alhamdulillah dan dijadikan sebagai dzikir setiap saat secara ikhlas. Selanjutnya diwujudkan dalam bentuk yang lebih kongkrit seperti tekun dan rajin untuk melaksanakan ibadah agar lebih mendekatkan diri kepada Allah.

Perwujudan rasa syukur lainnya adalah bertingkah laku yang baik kepada semua makhluk Allah yang hidup di alam semesta ini. Hal ini karena kita juga diwajibkan untuk berbuat baik kepada sesama mahkluk dengan rasa kasih sayang kepada manusia, jin, hewan, tumbuhan dan lainnya.

Arti Alhamdulillah juga perlu diwujudkan dalam mengelola rizqi yang telah diberikan Allah dan membagi sebagian rizqi kepada yang lain. Cara bersyukur dari rizqi yang diterima yaitu rajin bershodaqoh terutama kepada kaum dhuafa’ dan anak-anak yatim serta untuk infaq di Masjid.

Cata bersyukur yang banyak dilupakan manusia antara lain menerima apa saja yang telah diberikan Allah dan tidak pernah mengeluh. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa Allah juga memberikan nikmat dengan menguji kesabaran seseorang melalui musibah atau hal lainnya.

Jika kita menerima ujian, tentu saja harus pasrah dan hanya berserah diri kepada Allah karena hanya dengan lulus ujian, derajat kita akan naik. Allah memberikan ujian dan kita hanya berdoa untuk meminta petunjuk kepada Allah agar bisa menemukan solusi untuk menyelesaikannya.

Kalimat Alhamdulillah dalam Al Qur’an

Lafadz Alhamdulillah memang sangat penting dan disebutkan lebih dari 40 kali dalam ayat-ayat Al Qur’an yang tersebar dalam beberapa surat. Hal yang paling utama adalah diletakkan dalam surat Al Fatihah yang menjadi pembuka dari Al Qur’an dan diletakkan pada ayat pertama. .

Kalimat tahmid juga dijadikan sebagai ayat pertama dalam beberapa surat seperti Surat Al An’am, Saba, Faatir, dan Al Kahfi. Allah pasti memiliki sebuah isyarat atau pesan mengapa meletakannya diawal surat agar manusia mau mengkaji dan tadabbur maksud dari hal tersebut.

Kalimat Alhamdulillah yang terletak diawal surat selalu berhubungan dengan penciptaan Allah terutama terciptanya langit dan bumi. Dari hal ini kita bisa mentadabburinya dengan pendapat bahwa arti Alhamdulilah pada ayat tersebut agar manusia memuji Allah atas penciptaanNya.

Dengan penciptaan langit dan bumi membuat segala kehidupan di alam semesta ini bisa berjalan sesuai dengan yang digariskan atau sunatullah. Hendaknya manusia bisa melihat bukti kebesaran Allah dari segala penciptaanNya dan melakukan dzikir Tahmid sebagai ucapan rasa syukur.

Selain itu kalimat tahmid juga ada yang diletakkan ditengah ayat seperti pada surat Az Zumar ayat 29, surat Al Mukmin ayat 65, surat Ibrahim ayat 39 dan lainnya. Penempatan kalimat ditengah-tengah ayat juga masih berhubungan dengan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT.

Dalam surat Ibrahim ayat 39 dijelaskan bahwa nabi Ibrahim mengucapkan rasa syukur dengan kalimat tahmid karena telah dikaruniai Ismail dan Ishak. Hal ini karena nabi Ibrahim tidak henti-hentinya berdoa agar dikaruniai anak-anak yang sholeh dan bisa berbakti kepada orang tua.

Allah mengabulkan doa nabi Ibrahim dan menjadikan kedua anaknya Ismail dan Ishak sebagai nabi dan rosul yang mengikuti millah Ibrahim. Selain itu, Allah juga memberikan derajat yang tinggi kepada nabi Ibrahim sebagai Kholilullah dan menjadi bapak para nabi setelah nabi Nuh.

Keutamaan Lafadz Alhamdulillah

  1. Doa yang Paling Utama

Doa yang paling mudah diucapkan dan menjadi kalimat yang utama agar permintaan bisa dikabulkan Allah adalah kalimat Alhamdulillah. Dan sebaik-baik doa adalah mengucapkan kalimat tahmid untuk selalu bersyukur dan tidak melupakan nikmat yang telah diberikan.

  1. Dzikir Setelah Sholat

Setelah selesai menjalankan sholat, umat Muslim disunahkan untuk melafadzkan tiga jenis kalimat dzikir dan salah satunya adalah mengucapkan Alhamdulillah. Hal ini karena arti Alhamdulillah adalah pujian untuk bersyukur kepada Allah dan mengagungkan kebesaranNya.

  1. Sebagai Kalimat Pembuka Khutbah Jum’at

Ketika khotib melakukan khutbah jum’at, lafadz pertama yang diucapkan adalah kalimat tahmid sebagai ayat yang paling utama diantara yang lainnya. Tentu saja pemilihan ayat ini diambil karena berdasar hadist nabi yang telah diajarkan kepada sahabat dan diteruskan sampai sekarang.

  1. Kalimat Pembuka Khutbah Akad Nikah

Acara akad nikah merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia dan didahului dengan mengucapkan khutbatunnikah. Kalimat pertama dalam khutbah tersebut juga menggunakan lafadz Alhamdulillah sebagai doa agar kedua pengantin menjadi keluarga sakinah.

  1. Kalimat Ampunan Dosa

Jika kita mau bertaubat agar diampuni semua dosa-dosanya hendaknya membaca dzikir yaitu kalimat tasbih, tahmid dan takbir. Jika selalu mengucapkan ketiga kalimat dzikir tersebut, maka Allah akan mengampuni semua dosa-dosa hambanya walaupun sebesar buih di lautan.

  1. Bacaan Ketika Bersin

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa nabi Muhammad bersabda: “Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan benci orang yang menguap. Maka apabila ada orang yang bersin, maka hendaknya mengucapkan kalimat Alhamdulillah selanjutnya Muslim yang mendengar juga mendoakannya”.

  1. Doa Setelah Selesai Makan

Ketika kita telah selesai makan, maka hendaknya mengucapkan kalimat Alhamdulillah sebagai ucapan rasa syukur atas rizqi yang telah diberikan Allah. Hal ini bertujuan agar makanan yang telah kita makan juga akan menjadi sesuatu yang baik dan untuk menghindari hal yang buruk.

  1. Doa Ketika Pekerjaaan Telah Selesai

Agar semua pekerjaan yang kita lakukan diridhoi Allah dan penuh semangat, hendaknya mengucapkan kalimat syukur atau dengan arti Alhamdulillah. Manfaatnya adalah memohon kepada Allah agar selalu menjaga pekerjaan kita selalu dijalan yang benar dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

 

Gambar Gravatar
Website Dakwah Muslimah Menerima Tulisan Dakwah Baik Fiksi maupun Non Fiksi  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *