Zinnirah; Antara Mata Hati dengan Mata Dunia

161 views

Zinnirah

KARTUN MUSLIMAH — Sahabat muslimah maukah menjadi srikandi Islam masa kini? Penebar manfaat dan penyejuk bagi keluarga? Juga sebagai pelipur lara dari segala pahitnya kehidupan? Sungguh,  semua wanita pasti menginginkan untuk menjadi bagian dari sejarah. Apalagi mampu berkiprah dengan mendidik anak sebagai pejuang Islam. Berikut terdapat kisah muslimah yang namanya tidak banyak dikenal sejarah, namun ia terkenal di Syurga. Namanya menjadi impian Firdausi. Ia jadi pingitan hiasan duniawi. Yuk simak kisahnya!

Ialah Zinnirah Al-Rumiyah, seorang wanita berketurunan bangsa Romawi. Ia hanyalah gadis biasa yang bukan keturunan bangsawan. Kehidupan keluarganya sangat miskin dan dalam keadaan serba kekurangan. Ketika terjadi sebuah peperangan di Romawi, Zinnirah terpisah dari keluarganya lalu ia menjadi tawanan perang.

Semenjak itu ia menjadi budak berpindah dari satu tuan ke tuan lainnya. Selama menjadi hamba sahaya tak jarang ia mendapatkan perlakuan kasar bahkan diperlakukan seperti binatang oleh tuannya. Kemudian sampailah ia di kota Makkah, Umar bin Khattab segera membelinya dengan harga yang murah untuk dijadikan hamba sahaya.

Kisah Zinnirah Bermula

Di sinilah awal kisahnya dimulai, Zinnirah mengenal Islam dari seorang hamba sahaya yang sama sepertinya. Ia adalah bagian dari muslimah yang pertama mengenal Islam, ketika dakwah Rasulullah dilakukan secara diam-diam. Betapa teguh hatinya saat Islam merasuk dalam jiwanya. Ia merasakan indahnya ibadah dan kenikmatan penghambaan kepada Tuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *