Rahasia Teks Bacaan Surat Al Fatihah dan Artinya

886 views

Rahasia Teks Bacaan Surat Al Fatihah dan Artinya

Surat Al Fatihah — Surat Al Fatihah dan Artinya beserta pemahamannya memang bisa menjadi bekal untuk memahami Islam. Hal ini karena dalam surat Al Fatihah terkandung kalimat tauhid dan rasa syukur serta do’a kepada Allah SWT.

Karena itulah surat ini menjadi bacaan yang paling pertama dalam Al Qur’an dan paling banyak dibaca orang Islam ketika sholat 5 waktu. Setiap rakaat dalam sholat, wajib membaca surat Al Fatihah dan umat Muslim wajib melaksanakan sholat wajib sebanyak 17 rakaat setiap hari.

Jadi sahabat Kartun Muslimah, umat Muslim membaca surat Al Fatihah minimal sebanyak 17 kali setiap hari sebagai perwujudan ibadah untuk menyembah kepada Allah. Selain itu untuk mengungkapkan rasa syukur sebagai makhluk yang telah diberikan kehidupan di alam semesta dan jagat raya ini.

Surat Al Fatihah juga mengandung kalimat untuk mengukuhkan diri hanya menyembah kepada Allah dan tidak ada tuhan yang lain. Inilah beberapa sebab yang membuat surat Al Fatihah menjadi bacaan yang sangat penting dan keharusan untuk dibaca serta diamalkan setiap Muslim.

Dalam surat Al Fatihah ini terdiri dari 7 ayat yang pendek sehingga mudah untuk dibaca dan dihafalkan dan bisa memahami isi ayat-ayat tersebut. Jika kita bisa memahami setiap ayat dalam surat pembukaan dari Al Qur’an ini, maka akan menambah ketaqwaan kita kepada Allah.

Surat Al Fatihah dan Artinya

  1. Bismillahirrohmanirrohim

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang

Dalam ayat pertama ini Allah ingin menjelaskan kepada makhluknya terutama manusia dan jin, bahwa Dia memiliki nama Allah yang mempunyai sifat kasih dan sayang. Ayat pertama surat Al Fatihah dan artinya ini memberi penjelasan bahwa sifat kasih dan sayang Allah tidak terbatas.

Karena itulah lafadz “Arrohman dan Arrohim” termasuk dari sifat-sifat Allah yang tertulis dalam Asmaul Khusna yang berjumlah 99. Sifat kasih dan sayang dari Allah tidak akan bisa diukur oleh  manusia dan penjelasan dari arti ayat tersebut adalah maha pengasih dan maha penyayang.

  1. Alhamdu lillahirobbil Alamin

Artinya : “Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam

Ayat kedua ini berupa ungkapan rasa syukur yang tidak terhingga dari makhluknya kepada Allah sebagai Tuhan yang maha pencipta. Rasa terima kasih diucapkan dalam kalimat puji-pujian hanya kepada Allah yang berhak untuk disembah sebagai Tuhan dan tidak ada yang lain.

Tuhan yang menciptakan seluruh alam semesta beserta isinya yang terdiri dari bumi, matahari, bulan, manusia, jin, hewan dan tumbuh-tumbuhan. Selain itu menciptakan kehidupan lainnya yang ada di planet selain bumi yang tersebar di jagat raya ini serta menciptakan semua malaikat.

  1. Arrohmaanirrohim

Artinya : “Yang maha pengasih lagi maha penyayang

Kalimat ini merupakan penggalan dari ayat pertama yang memiliki arti “maha pengasih dan maha penyayang” diulang lagi pada ayat ketiga. Allah pasti memiliki maksud tertentu mengapa mengulangi lagi kalimat ini dan mengapa tidak memilih dengan kalimat lainnya.

Ada pendapat yang mengemukakan bahwa ayat ini untuk menegaskan bahwa Allah memberikan limpahanan kasih sayangnya kepada semua makhluk ciptaannya. Allah memberikan rohmat dan berkah bagi semua makhluknya yang hidup dan tinggal diseluruh alam semesta yang luas ini.

  1. Maaliki yaumiddin

Artinya : “Yang menguasai hari pembalasan

Lafadz “Maaliki” dengan huruf mim dengan tanda harokat panjang namun dibaca pendek diartikan para ahli tafsir yaitu raja atau penguasa. Penjelasan lainnya adalah bahwa hanya Allah yang berhak membuat segala keputusan dan tidak ada makhluknya yang dapat menyangkal.

Dengan adanya lafadz “Yaumiddin’ merujuk pada hari pembalasan atau hari perhitungan yang akan dilaksanakan setelah datangnya kiamat. Semua amal perbuatan manusia dan jin akan dihisab atau dihitung pada hari tersebut, apakah nantinya akan masuk surga atau masuk neraka.

  1. Iyyaka nakbudu wa iyyaka nasta’in

Artinya: “Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada engkaulah kami meminta pertolongan

Ayat kelima surat Al Fatihah dan artinya adalah bahwa manusia dan jin hanya menyembah dan beribadah kepada Allah. Hal ini karena manusia dan jin diberikan kebebasan memilih dalam kehidupan didunia ini, apakah mau beriman kepada Allah atau akan kafir dan mengingkarinya.

Selain itu dengan memohon dan berdoa untuk meminta pertolongan hanya kepada Allah dan tidak ada yang lainnya. Manusia dan jin hanya bisa berusaha untuk berikhtiar dalam segala urusan didunia dan hanya berharap untuk mendapatkan pertolongan dan kemudahan dari Allah.

  1. Ihdinaash shiraathaal mustaqim

Artinya: “Tunjukanlah kami jalan yang lurus”

Ini adalah kalimat do’a untuk meminta agar selalu dibimbing Allah dalam mengambil setiap keputusan serta dalam melakukan segala perbuatan. Hal ini agar kita selalu melakukan perbuatan dijalan yang benar dan bisa sesuai dengan peraturan serta tuntunan yang telah digariskan Allah.

Selain itu sebagai teguran bahwa manusia dan jin masih bisa melakukan kesalahan walaupun sudah berusaha semaksimal mungkin. Karena kadar iman dalam diri manusia dan jin selalu naik turun karena selalu mendapatkan godaan dan bisikan syetan untuk melakukan perbuatan maksiat.

  1. Shiraathalladziina an’amta’alaihim ghairil maghdhuubi alaihim walaadhdhaaliin

Artinya : “(Yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka dan bukanlah (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan pula (jalan) mereka yang sesat

Dalam ayat terakhir dari surat Al Fatihah dan artinya ini memang berdoa agar senantiasa dibimbing agar berada dijalan yang benar. Yaitu jalan yang diberikan nikmat beserta barokah dan mendapatkan ridho dari Allah dalam segala hal yang telah diberikan kepada kita didunia ini.

Doa lainnya adalah agar selalu dihindarkan dari jalan yang salah dalam melakukan segala perbuatan dalam kehidupan ini. Selain itu agar terjaga dan tidak melakukan perbuatan yang dimurkai Allah yaitu kafir dan syirik yang pernah dilakukan oleh kaum terdahulu dan sekarang.

Manfaat Memahami Surat Al Fatihah dan Artinya

Sebagai orang Islam hendaknya mengerti arti dan maksud dari surat Al Fatihah dan artinya agar dalam melakukan sholat bisa lebih khusyuk. Tentu saja dengan memahami isi surat Al Fatihah ini akan membuat kita bisa menjalankan sholat yang dilakukan setiap hari dengan sempurna.

Selain itu dengan membaca dan mengamalkan surat Al Fatihah, maka kita senantiasa akan terhindar dari api neraka. Karena dalam surat ini terkandung doa dan permohonan agar selalu mendapatkan bimbingan dan terhindar dari perbuatan maksiat yang dilarang dan mendapat dosa.

Jika kita selalu rajin membaca dan mengamalkan surat Al Fatihah dan artinya dengan ikhlas maka mulut akan terjaga dari ucapan yang berdosa. Manfaat lainnya hati kita akan selalu terjaga dari segala godaan dan tidak mudah tergiur dengan bisikan dari syetan yang menyesatkan.

 

 

Gambar Gravatar
Website Dakwah Muslimah Menerima Tulisan Dakwah Baik Fiksi maupun Non Fiksi  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *