Merdeka Itu…

38 views

 

renungan harian – blogger
KARTUN MUSLIMAH – Salam sahabat muslimah, dah mendekati 17 agustus nih, pasti jalanan udah rame dengan umbul-umbul merah putih ya.
 
Halaman rumah mendadak punya tiang bendera, yaa walaupun Cuma dari bambu atau kayu seadanya. Semua semangat memasang bendera kebanggaan kita sang merah putih di rumah dan berbagai tempat.
 
Yang jelas semua warga Indonesia bersemangat dan berbahagia menyambut peringatan hari kemerdekaan negara kita yang tercinta ini.
 
Moment peringatan hari kemerdekaan menjadi pengingat bagi masyarakat Indonesia bahwa dahulu kita adalah bangsa yang terjajah, dan saat ini kita sudah merdeka, bebas menentukan sendiri nasib bangsa kita.
 
Ngomong-ngomong soal merdeka, soal kebebasan, kita memang sudah bebas dari jajahan militer. Tapi secara individu sebenarnya apa sih makna kebebasan bagi sahabat muslimah?
 
Apa kita benar-benar sudah merdeka? Saya punya sedikit curahan hati nih tentang makna kemerdekaan..
Merdeka itu…
Saat bebas makan apa aja (yang pasti halal n toyyib ya..)  tanpa khawatir jadi gemuk dan dikomen temen “eh kok gemukan sekarang?”
[trus kalau aku gemukan, massallah…?]
 
Merdeka itu…
Saat sate kambing udah tersaji dimeja makan, bisa langsung baca doa dan melahap nikmatnya tu daging kambing, tanpa harus ribet selfie dulu sama si kambing yang udah ditusuk-tusuk itu, lalu upload ke instagram dengan caption “lunch siang ini menunya sate kambing :D”
[helloo sista gak ada yang tanya jugaa…
 
Merdeka itu…
Saat hati gak risau karna follower ig gak nambah-nambah, atau baper berkepanjangan gegara updetan sejam yang lalu belum ada yang nge-like..
 
[padahal poto yang diupload dah dipilih gaya yang paling cute, yang moto malah sampe jungkir balik demi ngedapetin angel tebaik..] hee
 
Merdeka itu…
Saat hati tetap tentram memakai gamis yang ada, sementara teman kos-an kedatengan paket dari onlineshop isinya gamis cantik keluaran terbaru.
 
Merdeka itu…
Saat bisa bebas baca Qur’an kapan aja dimana aja tanpa hawatir di komen “kamu sok alim deh”
 
Atau saat bebas memilih gak salaman sama yang bukan muhrim tanpa takut dianggap “sok suci”
 
Merdeka itu…
Saat bisa menlenggang bahagia saat datang ke walimahan tanpa hawatir digelari jomblo sejati atau gak laku karena datang tanpa gebetan or pacar
 
Atau saat bisa dengan tegas mengatakan “maaf saya muslim, saya gak pacaran” saat ada cowok keren yang nembak ngajak jadian.
Merdeka itu…
Saat kita tidak diatur oleh dunia, tapi kitalah yang mengatur dunia
 
Merdeka itu…
Saat kita tak latah terbawa arus zaman, tapi kitalah yang memutuskan akan mengambil sikap apa dalam setiap perubahan zaman
 
Merdeka itu…
Saat kita bisa menjadi pioner kebaikan, bukan follower keburukan
 
Merdeka itu…
Saat kita bisa dengan lantang mengatakan

 

“AKU MUSLIM, AKU CINTA NKRI, AKU INDONESIA”.
 
So, apa arti kemerdekaan buat sahabat muslimah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *