Manfaat Menghafalkan Surat Pendek Quran

44 views

Manfaat Menghafalkan Surat Pendek Quran

Quran adalah kitab suci ke 4 dan terakhir suci Allah SWT. Quran adalah Kitab petunjuk bagi seluruh umat manusia. Hal itu terungkap pada Nabi kita tercinta (SAW) yang merupakan Nabi terakhir Allah SWT. Quran adalah buku Ilahi yang menjadi pedoman umat Islam ketika ada masalah karena Quran memiliki solusi untuk setiap masalah dan Quran adalah panduan untuk setiap aspek kehidupan. Surat pendek Quran juga membawa banyak manfaat ketika dibaca.

Manfaat Membaca Alquran

Allah SWT berfirman tentang Al-Quran: “Alquran adalah kitab dimana tidak ada keraguan, bimbingan kepada mereka orang saleh” (Quran, 2: 2)

Memang Kitab Allah bukanlah buku seperti yang lain, alquran seperti sabda Allah yang abadi, bukan hal yang diciptakan, dan panduan belajar untuk hidup dan mati pada apa yang terjadi setelahnya. Oleh karena itu alquran layak dipelajari lebih hati-hati daripada ucapan orang lain.

Jadi, sebagai seorang Muslim, kita harus membaca Quran setiap hari dengan pemahaman yang lebih baik sehingga kita bisa mendapatkan berkah Allah dalam kehidupan ini dan akhirat.

Orang-orang Muslim akan mendapatkan pahala besar karena membaca Al-Quran dan menerapkannya dalam rutinitas kehidupan sehari-hari mereka. Dalam Hadits Nabi (SAW) menyatakan bahwa: “Siapa pun yang membaca sepuluh Ayah (ayat) dalam qiyaam tidak akan dicatat sebagai salah satu yang pelupa. Siapa pun yang membaca seratus (ayat) dalam qiyaam akan dicatat sebagai salah seorang yang beriman, dan siapa pun yang berdoa seribu (ayat) dalam qiyaam akan dicatat sebagai salah satu muqantarin (mereka yang menimbun perbuatan baik). “(Abu Dawud)

Imbalan membaca Al-Quran sangat banyak. Dalam Hadis lain, Nabi kita tercinta (SAW) berkata: “Sesungguhnya orang yang membaca Al-Quran dengan indah, lancar, dan tepat, dia akan ditemani oleh para malaikat yang mulia dan taat. Dan bagi orang yang membaca dengan susah payah, gagap atau tersandung melalui ayat-ayatnya, maka dia akan mendapat DUA KALI ganjaran itu. ”(Sahih Al-Bukhari).

Jadi dari hadits ini, kita dapat mengatakan bahwa seseorang akan mendapatkan ganjaran ganda yang berusaha keras dan melakukan upaya ekstra untuk belajar dan membaca Quran untuk menyenangkan Allah SWT. Kita harus berusaha keras untuk membaca Quran dengan cara ini Allah akan senang dengan kita dan kita akan mendapatkan imbalan besar dalam kehidupan ini dan akhirat.

Mengapa Harus Menghafalkan Surat Pendek?

Jika manfaat membaca alquran saja sangat besar, bagaimana dengan menghafalnya? Kita bisa memulainya dengan menghafalkan surat pendek quran. Ada banyak sekali sarana yang bisa digunakan untuk menghafalkan alquran mulai dari metode murajaah atau mengulang-ulang bacaan, menulis apa yang yang kita hafal hingga sering mendengar MP3 murattal alquran.

Surat pendek quran yang terdapat pada bagian juz amma sangat mudah dihafal karena ayat-ayatnya yang pendek. Juz amma biasanya merupakan bagian pertama dari Quran yang dipelajari anak-anak, meskipun itu ada di akhir Quran.

Juz (secara harfiah berarti “bagian”) adalah salah satu dari tiga puluh bagian dengan panjang yang berbeda-beda di mana Al-Qur’an dibagi. Pembagian ke juz tidak memiliki relevansi dengan makna Quran dan siapa pun dapat mulai membaca dari mana saja dalam Quran.

Dikarenakan ayatnya lebih pendek dan lebih mudah dibaca / dipahami, dan pesan-pesan yang diungkapkan dalam bagian ini paling mendasar bagi kepercayaan seorang Muslim, maka sangat disarankan untuk memulai hafalan dari surat pendek quran agar menguatkan keimanan kita. apalagi surat-surat pendek sangat dibutuhkan untuk dibaca ketika melakukan salat 5 waktu. Jadi mengapa tidak untuk mencoba menghafalkan surat pendek quran?

 

Galeri untuk Manfaat Menghafalkan Surat Pendek Quran

Gambar Gravatar
Website Dakwah Muslimah Menerima Tulisan Dakwah Baik Fiksi maupun Non Fiksi  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *