Khadijah: Cinta Pertama Rasul SAW

202 views
https://id.pinterest.com/

Khadijah: Cinta Pertama Rasul SAW – Khadijah RA. putri dari Khuwailid bin Asad bin Abdul Uzza, merupakan seorang sayyidah wanita sedunia pada zamannya. Mendapat julukan ath-Thahirah yakni yang bersih dan suci. Beliau dilahirkan di rumah yang mulia dan terhormat sekitar 15 tahun sebelum tahun gajah.

Beliau tumbuh dalam lingkungan keluarga yang mulia sehingga tidak mengherankan jika beliau menjadi seorang wanita yang cerdas, berpendirian teguh dan memiliki perangai yang luhur. Karena itulah banyak laki-laki dari kaumnya jatuh hati kepadanya.

Pada mulanya beliau dinikahi oleh Abu Halah bin Zurarah at-Tamimi dan dikaruniai dua orang anak, Halah dan Hindun.Tatkala Abu Halah wafat, beliau dipinang oleh Atiq bin ‘A’id bin Abdullah al-Makhzumi namun setelah beberapa saat mereka akhirnya bercerai.

Semakin banyak para pemuka Quraisy yang menginginkan beliau tetapi beliau memprioritaskan perhatiannya dalam mendidik putra-putrinya, serta mengurusi perniagaan. Suatu ketika, beliau mencari orang yang dapat menjual dagangannya.

Beliau mendengar tentang Muhammad –saat itu belum diangkat menjadi nabi, yang memiliki sifat jujur, amanah dan berakhlak mulia, maka beliau meminta Muhammad untuk menjualkan dagangannya bersama seorang pembantunya yang bernama Maisarah.

Allah menjadikan perdagangan  tersebut menghasilkan laba yang banyak. Khadijah merasa puas atau usaha Muhammad Al-Amin, menambah ketakjuban terhadap kepribadian sosok pemuda tersebut. Khadijah menyadari bahwa Muhammad Al-Amin berbeda dari kebanyakan laki-laki di sekitarnya.

Akan tetapi beliau pesimis; mungkinkah pemuda tersebut mau menikahinya, mengingat umurnya sudah mencapai 40 tahun? Kebingungan dan kegelisahan yang dialami oleh Khadijah akhirnya dapat dipecahkan dengan bantuan  Nafisah binti Munabbih. Nafisah membesarkan hati Khadijah dan menenangkan perasaannya .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *